KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mendatangi langsung rumah Ahmad Faruq Idhom Afi yang menderita penyakit kronis di Jalan Simorejo 11/11A RT 05 RW 02 Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Rabu (19/1/2022).

SIAPGRAK.COM - Istri Wali Kota Surabaya yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Surabaya, Rini Indriyani, memastikan siap mendampingi Ahmad Faruq Idhom Afi hingga sembuh. 

Ahmad Faruq Idhom Afi merupakan mantan pemain tim nasional Indonesia U16 yang menderita penyakit kronis setelah terjatuh di rumahnya di Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Rini Indriyani datang ke kediaman Afi pada Rabu (19/1/2022). Ia memberikan dukungan langsung kepada Ahmad Afi dan orang tuanya. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, juga memberikan semangat bagi Afi melalui panggilan video saat itu. 

Adapun Rini memutuskan datang mengunjungi Afi setelah mendapat kabar bahwa laki-laki berusia 17 tahun tersebut sedang sakit.  

Kondisi Afi pertama kali diketahui oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sukomanunggal Surabaya, Heri Supiranto. 

Heri menjelaskan bahwa ia semula ingin mengunjungi kakek Afi yang sedang sakit. Setelah melihat kakek Afi, Heri kemudian mendapati Afi terbaring di atas kasur. 

Dia lalu melaporkan hal tersebut kepada lurah, camat, dan puskesmas. Ia pun tak menyangka, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengunjungi kediaman Ahmad Afi.  

Heri mengatakan, Ahmad Afi didiagnosis mengalami penyumbatan di otaknya. 

"Afi ini atlet sepak bola yang sempat tergabung di timnas U16. Dia sakit kronis seperti sekarang setelah jatuh di dalam rumahnya," kata Heri. 

"Dia sempat dirawat di RS dr Ramelan Surabaya selama dua bulan dan didiagnosis ada penyumbatan di otaknya dan saat akan dilakukan tindakan operasi keluarganya menolak, bahkan dia dibawa pulang dan hanya dirawat sendiri oleh orang tuanya," ujar Heri. 

Untuk membantu Ahmad Afi, Pemkot Surabaya memberikan tempat tidur medis agar bisa lebih mudah beraktivitas sehari-hari. 

Pemkot Surabaya juga memberikan bantuan untuk memeriksa kesehatan Ahmad Afi. Ketika Rini datang, ambulans dari dinas kesehatan sudah bersiaga di depan rumah Ahmad Afi. 

"Yang pasti kami akan terus dampingi hingga dia sembuh. Jadi, mohon doanya agar Adik Afi bisa lebih baik lagi ketika mendapatkan pengobatan dari Rumah Sakit Soewandhie," kata Rini di lokasi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Eks Pemain Timnas U-16 Ahmad Afi Terbaring Sakit, Ketua PKK Surabaya: Kami Dampingi hingga Sembuh"

Penulis: Kontributor Surabaya, Ghinan Salman 

Editor : Dheri Agriesta

Penulis : Farahdilla Puspa Editor : Sem Bagaskara