Pengusaha SPBU tengah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) agar bisa menyediakan layanan toilet gratis di seluruh pom bensin sesuai arahan Erick Thohir. Ilustrasi. (SIAPGRAK.COM Indonesia/Farida).
Pengusaha SPBU tengah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) agar bisa menyediakan layanan toilet gratis di seluruh pom bensin sesuai arahan Erick Thohir. Ilustrasi. (SIAPGRAK.COM Indonesia/Farida).

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menyatakan pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tengah berkoordinasi sembari mencari cara agar layanan toilet di masing-masing pom bensin bisa gratis sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Hiswana Migas Rachmad Muhamadiyah mengatakan upaya ini juga dikoordinasikan dengan PT Pertamina (Persero) selaku pemasok bahan bakar minyak (BBM) ke berbagai SPBU yang diwaralabakan.

"Terkait arahan Bapak Menteri BUMN, saat ini kami berkoordinasi dengan para pengusaha SPBU dan juga dengan Pertamina agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen," ujar Rachmad kepada SIAPGRAK.COM, Rabu (24/11).

Kendati begitu, ia tidak memberi gambaran target kapan sekiranya penggratisan layanan toilet ini bisa dilakukan secara merata. Hanya saja, ia memberi gambaran bahwa sebenarnya tidak semua toilet SPBU berbayar pada saat ini.

"Saat ini toilet di SPBU memang ada yang berbayar, akan tetapi banyak juga yang tidak berbayar atau yang sifatnya sukarela," imbuhnya.

Jika berbayar pun, sambungnya, biasanya dana yang terkumpul digunakan untuk operasional pengelolaan toilet. Selain itu, pemasukan juga untuk menggaji petugas yang menjaga toilet.

"Sebagai informasi, toilet di SPBU apabila tidak dijaga secara khusus oleh petugas kebersihan seringkali terjadi kehilangan peralatan di toilet, seperti gayung, keset, tempat sampah, bahkan lampu," jelasnya.

Tak hanya menjaga toilet, petugas pun turut membersihkan toilet. Sebab, menurutnya, pengguna toilet terkadang kurang bersih, sehingga bisa mengganggu kebersihan dan kenyamanan toilet bagi pengguna lainnya.

Hal ini, sambungnya, dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya karakteristik pengguna, lingkungan, dan lainnya. Di sisi lain, menurutnya, pengelolaan toilet membutuhkan biaya operasional yang beragam.

"Sehingga biaya untuk petugas yang menjaga toilet tersebut kadang memberatkan pihak SPBU," terangnya.

Kendati begitu, ia memastikan koordinasi agar toilet SPBU bisa gratis tetap diupayakan. Sebelumnya, Erick meminta seluruh SPBU Pertamina menyediakan toilet gratis bagi pengunjung karena menjadi bagian dari layanan pom bensin.

[SIAPGRAK.COM:SIAPGRAK.COM]