Ilustrasi Anak Perempuan/ Foto: iStock
Ilustrasi Anak Perempuan/ Foto: iStock

Jasad bocah perempuan berinisial SAR akhirnya dimakamkan setelah 2,5 bulan disimpan dalam rumahnya. Bocah ini adalah seorang pelajar SMP kelas 1 yang tinggal di Dukuh Sukatapa RT 020/RW 003 Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Pemalang.

Kabar tentang keberadaan jasad bocah 14 tahun itu diketahui warga dan pihak kepolisian pada Minggu (9/1/22) sore, Bunda. Kepala Desa Plakaran lah yang melaporkannya ke pihak berwajib.

"Ya, kami kemarin hari Minggu telah menerima laporan dari kepala Desa Plakaran tentang adanya penyimpanan jenazah yang disimpan pihak keluarga di rumah. Karena tidak ada yang berani ke rumah tersebut, kami Muspika ke rumah didampingi RT dan tokoh agama setempat untuk memastikan adanya peristiwa tersebut," kata Kapolsek Moga, AKP Dibyo Suryanto, saat ditemui di kantornya, Pemalang, Selasa (11/01/2022).

Dibyo menyebut, aparat bersama Muspika Moga dan petugas Puskesmas langsung mendatangi rumah keluarga bocah tersebut. Pihaknya pun membenarkan bahwa bocah 14 tahun itu sudah meninggal beberapa bulan lalu.

Saat ditemukan, jasad anak perempuan ini ada di salah satu kamar. Menurut keterangan, jasad diawetkan selama 2,5 bulan.

"Kita langsung melakukan pengecekan melibatkan tim medis juga, dan memang benar ada warga yang meninggal yang masih disimpan di salah satu kamar rumah. Informasi dari medis memastikan korban telah meninggal dunia sejak beberapa bulan lalu," ujar Dibyo.

Negosiasi pun dilakukan pihak berwenang dengan keluarga bocah ini, Bunda. Negosiasi untuk menguburkan SAR sempat berjalan alot.

Salah seorang tokoh agama yang terlibat, Ustaz Zaenuri, mengaku telah menjelaskan kepada keluarga tentang aturan penguburan jenazah dalam agama Islam. Setelah negosiasi yang cukup lama, pihak keluarga akhirnya menyetujui untuk melakukan proses pemakaman.

Secara terpisah, Camat Moga, Umroni, sempat memberikan keterangan terhadap kondisi keluarga. Apa kata Umroni? Lalu apa penyebab bocah SMP ini meninggal dunia?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 3 keinginan Vanessa Angel sebelum meninggal dunia, dalam video berikut: