Berkat Menang Besar atas Myanmar, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Alami Peningkatan

TIM Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan naik satu peringkat di ranking FIFA. Hal itu tak terlepas dari keberhasilan skuad Garuda dalam menghabisi Timnas Myanmar dengan skor 4-1 di laga uji coba yang berakhir pada Kamis 25 November 2021 malam WIB.

Timnas Indonesia yang awalnya berdiri di peringkat ke-166 kini naik naik ke posisi 165 dan menggeser Bermuda. Ranking Timnas Indonesia mengalami peningkatan karena meski laga melawan Myanmar hanya uji coba, pertandingan tersebut tetap terdaftar sebagai laga FIFA A Matchday.

Sehingga tim yang menang di laga uji coba tersebut berhak mendapatkan poin tambahan untuk ranking FIFA. Setidaknya dari laga kontra Myanmar, skuad asuhan Shin Tae-yong itu berhasil membawa pulang 2,84 poin yang jika semuanya ditotalkan menjadi 984,02 poin.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Tentunya poin yang didapatkan di laga uji coba melawan Myanmar tersebut tak sebesar jika Timnas Indonesia memenangkan pertandingan pesrsahabatan resmi yang sudah diatur oleh FIFA. Tapi, yang terpenting saat ini memang bukanlah peringkat, karena Tae-yong lebih fokus mempersiapkan Garuda untuk Piala AFF 2020.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia sengaja melakukan pemusatan latihan di Turki sebagai bentuk persiapan menghadapi Piala AFF 2020 pada Desember 2021 mendatang. Selama di Turki, Timnas Indonesia juga menjalani sejumlah laga uji coba, seperti melawan Afghanistan, Myanmar, dan terakhir Antalyaspor.

Fokus utama Timnas Indonesia adalah mempersiapkan sebaik mungkin para pemain agar tampil baik d Piala AFF 2020. Tentunya jika saja mereka mampu bermain baik dan menang hingga ke final, poin yang dikumpulkan Timnas Indonesia untuk ranking FIFA akan semakin besar.

Jadi, target utamanya adalah menjuarai Piala AFF 2020 tapi tentu dengan harapan Timnas Indonesia bisa mengalami peningkatan pesat di rangking FIFA. Apalagi saat ini posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA sangat memprihatinkan jika dibandingkan dengan tim-tim lain yang berlaga di Piala AFF 2020 nanti.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Bisa dikatakan Timnas Indonesia kini berada urutaan ketujuh dari 10 tim Piala AFF 2020. Garuda hanya unggul dari Kamboja yang berada di urutan 170, lalu Laos di posisi 185, dan Timor Leste yang menempati peringkat 194.

Tentu fakta di atas sangatlah mengecewakan. Apalagi Timnas Indonesia tertinggal jauh dari Malaysia yang justru kini berada di peringkat 154 pada ranking FIFA tersebut.

Berikut Ranking FIFA Peserta Piala AFF 2020:

1.Vietnam (99)

2. Thailand (118)

3. Filipina (126)

4. Myanmar (148)

5. Malaysia (154)

6. Singapura (160)

7. Indonesia (165)

8. Kamboja (170)

9. Laos (185)

10. Timor Leste (194)