Pesepak bola Timnas Indonesia Muhammad Ridwan (kanan bawah) bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022).  ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pesepak bola Timnas Indonesia Muhammad Ridwan (kanan bawah) bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). ANTARA FOTO/Zabur Karuru

SIAPGRAK.COM - Berikut hitung-hitungan agar Timnas Indonesia U-23 bisa lolos dari grup A dan melangkah ke semifinal SEA Games 2021.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani partai hidup mati kontra Myanmar di laga pamungkas grup A, Minggu (15/5/2022). Kemenangan wajib diraih skuad Garuda dalam pertandingan yang akan digelar di Stadion Viet Tri tersebut guna mendapatkan tiket semifinal SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, tiket untuk lolos ke semifinal SEA Games 2021 akan diberikan kepada juara dan runner up grup A dan grup B.

Timnas Indonesia membantai Filipina 4-0 dalam laga ketiga Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Di grup A, bisa dikatakan satu tiket telah digenggam Vietnam yang kini duduk di puncak klasemen dengan tujuh poin dari tiga laga. Di partai pamungkas, tuan rumah akan menghadapi tim juru kunci, Timor Leste.

Sedangkan satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar yang sama-sama telah mengoleksi enam poin dan duduk di peringkat ke-2 dan ke-3.

Meski punya poin sama, ternyata Timnas Indonesia U-23 setidaknya hanya membutuhkan satu poin saja saat melawan Myanmar di duel hidup dan mati itu.

Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong saat in unggul selisih gol, yakni dengan empat gol. Sedangkan selisih gol Myanmar hanya satu gol saja.

Bisa dikatakan, Timnas Indonesia U-23 bisa sedikit santai di laga nanti. Tapi hal ini tak berlaku bagi Myanmar yang harus meraih kemenangan atas tim Merah Putih.

Meski hanya butuh hasil imbang saja, Timnas Indonesia U-23 tentu tak akan berleha-leha dan akan mematok tiga poin atas Myanmar guna merebut status juara grup.

Dengan kemungkinan yang ada, bisakah Timnas Indonesia U-23 merebut status juara grup dari Vietnam?

Jadi Juara Grup Tergantung Hasil Pertandingan Vietnam vs Timor Leste

Di atas kertas, peluang Timnas Indonesia U-23 menjadi juara grup cukup berat. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa Vietnam akan berhadapan dengan Timor Leste.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 hanya terpaut satu poin saja dari Vietnam di klasemen grup A. sehingga, jika ingin lolos sebagai juara grup, skuat Garuda Muda harus bergantung pada usaha sendiri dan juga hasil yang didapat rivalnya itu.

Jika ingin lolos sebagai juara grup, tiga poin menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-23 di laga pamungkas kontra Myanmar.

Kemenangan itu juga harus dibarengi dengan hasil imbang atau kekalahan yang diderita Vietnam kala berhadapan dengan Timor Leste.

Mungkin akan sedikit aneh jika melihat Vietnam bermain imbang atau kalah dari Timor Leste. Akan tetapi, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

Sebab, Timor Leste punya waktu istirahat lebih ketimbang Vietnam, sehingga fisik dan stamina The Rising Sun masih terjaga baik ketimbang lawannya.

Jika Vietnam minimal imbang melawan Timor Leste, maka Timnas Indonesia U-23 akan memuncaki klasemen jika berhasil mengalahkan Myanmar.

[Penulis: Felix Indra Jaya]