emojipedia
Arti emoji baru WhatsApp

SIAPGRAK.COM - Fitur emoji reactions atau reaksi menggunakan emoji sudah diadopsi oleh sejumlah perusahaan media sosial seperti Telegram dan WhatsApp.

Google juga mengadopsi fitur tersebut. Akan tetapi, fitur reactions di Google bukan hadir di aplikasi pesan instan. Alih-alih, reactions hadir di Google Documents atau juga disebut Google Docs.

Fitur reactions di Google Docs terbilang cukup baru. Fitur ini dirilis bulan April lalu ke pengguna terbatas, namun kini telah disebar ke lebih banyak pengguna, termasuk di Indonesia.

Google Docs sendiri merupakan program berbasis cloud, yang dapat menyimpan dokumen secara otomatis di Google Drive. Karena berbasis cloud, setiap pengguna yang mendapatkan akses ke dokumen tersebut dapat meninjau atau mengeditnya.

Dengan hadirnya fitur emoji reactions, pengguna yang mendapatkan akses ke dokumen Google Docs dapat menambahkan beragam emoji sebagai bentuk tanggapan atau ekspresi tentang konten dalam dokumen terkait.

Fitur ini sendiri menurut Google merupakan alternatif untuk menunjukkan ekspresi dalam bahasa yang tidak kaku ketika Google Docs dapat diakses lebih dari satu orang.

"Fitur emoji reactions memberikan alternatif yang tidak begitu formal untuk berkomentar guna menunjukkan ekspresi tanggapan Anda terkait konten dokumen," kata Google dikutip KompasTekno dari blog perusahaan.

Cara memberi komentar menggunakan emoji reactions

  • Buka dokumen di Google Docs

  • Tekan dan tahan (hold) teks yang ingin Anda tanggapi. Dari sini, akan mucul tiga ikon pada sisi kanan lembar dokumen

  • Klik ikon emoji untuk menambahkan emoji reactions. Seperti pada aplikasi lainnya, terdapat berbagai emoji termasuk emoji makanan hingga emoji kendaraan dan lainnya

  • Pilih emoji yang Anda inginkan, atau cari secara manual jika Anda belum menemukan emoji yang cocok, menggunakan kata kunci terkait pada kolom pencarian yang tersedia. Misalnya saja ingin membubuhkan reactions senyum, cukup ketik kata kunci "smile"

  • Emoji akan langsung tampil di kanan lembar dokumen, sebagaimana komentar dengan teks

Pengguna juga bisa menghapus emoji reactions yang sudah ditambahkan dengan mengklik emoji terkait dua kali, atau melakukan tahapan sebelumnya untuk menambah emoji lain

Menurut keterangan Google, fitur emoji reactions tersedia secara default atau otomatis dan tidak dapat dihapus.

Emoji reactions juga tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard dan Enterprise Plus.

Penulis : Lely Maulida Editor : Wahyunanda Kusuma Pertiwi