RAM Memori Smartphone Android

Saat ini pabrikan smartphone berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan memori RAM besar yang memungkinkan pengguna makin leluasa menggunakannya dalam beraktivitas.

Sayangnya, penggunaan smartphone yang berlebih membuat kinerja HP lemot dan berat. Kinerja RAM pada smartphone android sangat bergantung pada hal apa saja yang tersimpan dan pengaturan dalam smartphone Android.

RAM merupakan salah satu spesifikasi yang biasa dijadikan pertimbangan pembelian smartphone. Kapasitas RAM smartphone pun bervariasi, mulai dari 1, 4, 8, 12, dan bahkan hingga 18 GB.

Fungsi RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. Secara teori, RAM memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal (storage) yang biasa dipakai untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya di ponsel.

Fungsi utama RAM sendiri adalah menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang dipakai oleh sistem ponsel "untuk sementara waktu". Karena disimpan di sana, ponsel otomatis akan membaca, menjalankan, atau meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat.

Sebelum disimpan di RAM, berbagai file sistem dan aplikasi yang ada di ponsel sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), tersimpan di memori internal perangkat. Ketika hendak dibutuhkan, file-file atau aplikasi tersebut lantas akan dimuat ke dalam RAM agar ponsel bisa menjalankannya dengan lancar.

Ketika file atau suatu aplikasi tidak dipakai, maka RAM secara otomatis akan menghapusnya, supaya porsi RAM yang terpakai tadi, bisa digunakan kembali oleh aplikasi lain. Seluruh informasi yang tersimpan dalam RAM juga biasanya akan hilang atau dihapus secara otomatis, apabila ponsel di-restart.

elain fungsi utama tadi, RAM juga berguna untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, tanpa memperlambat performa ponsel secara keseluruhan. Proses ini biasa disebut multi-tasking.

Ketika melakukan hal ini, pengguna bisa menyimpan lebih dari satu aplikasi yang sering digunakan di dalam RAM (background) ponsel, ketika mereka ingin membuka aplikasi lainnya. Nah, pada saat aplikasi tersebut hendak dijalankan, pengguna lantas bisa langsung memakainya tanpa harus menunggu berlama-lama, atau melihat layar tunggu (loading screen) yang biasa ditampilkan ketika suatu aplikasi dijalankan.

Hal ini bisa dibilang bakal membuat penggunaan smartphone menjadi efisien. Sebab, apabila suatu aplikasi tidak disimpan di dalam RAM, maka ponsel akan membaca data aplikasi tersebut dari memori internal dan lantas memindahkannya ke RAM secara berulang kali.

Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM

Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan RAM HP Android supaya tidak lemot seperti dikutip India Today:

1. Hapus aplikasi

Pertama-pertama, Anda harus mengetahui kapasitas memori RAM HP yang tersedia dan sudah digunakan dengan mengklik Android Settings > Memory. Selanjutnya pengguna bisa mengetahui jumlah memori yang digunakan aplikasi dengan mengklik "Memory used by apps".

Anda pun bisa menghapus aplikasi yang boros memori dengan mengklik sort by max. use di tiga tombol kanan atas. Pengguna juga bisa memaksa aplikasi berhenti beroperasi untuk membebaskan memori RAM HP Android.

2. Memilih mode disable apps

Anda bisa menonaktifkan aplikasi atau disable apps untuk program yang dibutuhkan pada saat-saat tertentu. Pengguna Hp bisa mengklik Settings > Apps untuk mengetahui aplikasi yang bisa dihentikan untuk sementara, selanjutnya klik disable.

3. Matikan animasi

Animasi dan transisi memang bisa membuat tampilan HP Android keren tetapi penggunaan animasi membutuhkan memori RAM yang banyak. Jika kinerja HP lambat, Anda bisa menonaktifkannya atau disable app dengan membuka fungsi developer options.

Caranya adalah klik Settings > About phone dan ketik build number, hingga muncul tulisan Congrats! You are now a developer. Selanjutnya, pengguna bisa mengklik Settings > Developer dan scroll hingga menemukan Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Tap salah satunya dan pilih Animation off.

4. Hentikan penggunaan live wallpaper

Google store menghadirkan banyak pilihan live wallpaper yang membuat tampilan tidak membosankan. Sayangnya, penggunaan live wallpaper membutuhkan banyak memori RAM sehingga kerja HP makin lemot.

Karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan live wallpaper dan extensive widgets. Cukup menggunakan wallpaper dan widget yang sederhana, misal kalender atau musik yang sedang diputar.

5. Gunakan aplikasi Booster

RAM memang menjadi hal yang penting bagi smartphone. Untuk itu, anda perlu menggunakan aplikasi booster RAM sebagai salah satu cara meningkatkan kinerja RAM pada android. Sehingga dengan adanya aplikasi booster ini, kinerja RAM anda dapat terkontrol dan stabil sehingga tidak mengakibatkan hang pada smartphone khususnya android karena kapasitas RAM yang kecil.

Pengguna bisa mendownload langsung aplikasi booster dari Google store karena aplikasi itu memungkinkan pengguna meningkatkan efektivitas memori RAM HP langsung dari homescreen. Beberapa aplikasi booster yang biasa digunakan adalah Clean Master, CCleaner, dan DU Speed Booster. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif selain langsung masuk ke phone setting dan mengatur ulang tiap aplikasi dan file.

6. Hapus cache

Biasanya, aplikasi yang ada di HP Android tersimpan dalam cache supaya lebih mudah ditemukan saat akan dibuka dan menghemat data seluler. Karena itu, Anda harus menghapus data yang dicache dari satu aplikasi. Solusinya, Anda dapat menghapus data dari semua aplikasi bisa klik pengaturan, penyimpanan, dan hapus data yang disimpan dalam cache.

7. Hapus file download

HP Android biasanya menyimpan semua file yang diunduh meski belum tentu diperlukan pengguna. Jika file yang diunduh dan disimpan terlalu banyak, memori RAM HP berisiko penuh dan mengganggu kerja ponsel.

Pengguna disarankan segera menghapus file unduhan yang tidak diperlukan dengan mengakses file saya atau my file dan pilih file yang bisa dihapus, karena tidak dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

8. Kompresi foto

Selain file, foto juga memakan terlalu banyak memori RAM HP Android. Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah mengecilkan ukuran foto (kompresi) dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Google store, menyimpan dalam Google photo, dan memindahkan pada penyimpanan eksternal lain.

Untuk mengaktifkan Google photo cukup dengan membuka aplikasi, pengaturan, cadangkan dan sinkronkan, serta nyalakan.

9. Gunakan MicroSD

Biasanya, HP Android memungkinkan penggunaan Micro SD untuk penyimpanan ekstra selain memori ponsel. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyimpan aplikasi yang butuh banyak memori. Dikutip dari Fonepaw, bila aplikasi tersebut bisa dipindahkan akan muncul tombol pindahkan ke kartu SD.

Nah, begitulah cara meningkatkan kinerja RAM pada HP Android yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone android anda. Karena dengan kinerja RAM yang meningkat, Anda dapat melakukan dan mengakses aplikasi di smartphone Anda tidak lemot.

SIAPGRAK.COM