4 Film Korea yang Kena Sensor di Bioskop Akibat Penuh Adegan Ranjang Vulgar hingga Sadis
Film Korea identik dengan kisah cinta. Namun tak melulu begitu. Beberapa film Korea memuat adegan kontroversial yang harus kena sensor di bioskop. Foto/Imdb

Film Korea memang identik dengan kisah cinta ala remaja dan dewasa muda. Namun tak melulu begitu. Beberapa film Korea memuat adegan-adegan kontroversial yang bahkan membuat beberapa judul harus kena sensor di bioskop.

Bukan hanya adegan ranjang, film Korea juga kena sensor di bioskop karena muatan sadis, politis, dan hal-hal tabu lainnya. Seperti empat film ini contohnya. Tertarik untuk menontonnya?

Berikut daftar film Korea yang kena sensor di bioskop seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/5/2022).

1. Moebius

Film Korea yang kena sensor di bioskop pertama adalah Moebius. Bahkan dilarang tayang di beberapa negara, film karya Kim Ki Duk ini berkisah tentang seorang anak lelaki yang penisnya dimutilasi oleh sang ibu.

Demi mengembalikan kejantanan putranya, sang ayah mendonorkan organ intimnya sendiri. Namun, bukannya bahagia, hal tersebut malah membuat sang ayah jadi cemburu. Moebius banyak disensor dan dicekal karena memuat adegan seks antar anggota keluarga dan tindak kanibalisme

2. The Handmaiden

Film Korea yang kena sensor di bioskop selanjutnya adalah The Handmaiden karya Park Chan Wook. Mengambil inspirasi dari novel barat berjudul Fingersmith, film ini berlatarkan Korea zaman dahulu yang masih diduduki pemerintahan Jepang.

Fokus film ini terletak pada seorang pencopet yang menjalin hubungan lesbian dengan seorang perempuan kaya. Hal tersebut membuat film ini kena sensor akibat penggambaran seks sesama jenis yang terlalu vulgar.

3. Lies

Film Korea yang kena sensor di bioskop berikutnya adalah Lies. Diadaptasi dari novel karya Jang Jung Il yang juga dilarang terbit, film ini berkisah tentang hubungan seksual seorang remaja perempuan 18 tahun dengan seorang pematung yang lebih tua.

Film ini kena sensor di bioskop karena secara gamblang menampilkan adegan seks sadomasokis dan ketelanjangan para pemerannya. Selain itu, Lies juga dianggap tabu karena menampilkan hubungan beda usia yang terlalu jauh.

4. Piagol

Film Korea yang kena sensor di bioskop terakhir adalah Piagol. Ini merupakan film sejarah besutan Lee Kang Cheon. Film ini berlatarkan perang Korea dan bercerita tentang kehidupan tentara komunis di markas mereka.

Meski menghadirkan cerita yang menarik dan menyentuh, film ini malah menjadi kontroversial di negara sendiri akibat dianggap terlalu pro-komunis dan meromantisasi perang oleh Lembaga Sensor Korea Selatan.