Veronica Tan di Talkshow “Membatik untuk Jakarta” with Veronica Tan, Wendy Sibrani & Irma G Sinurat Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kini menggeluti sejumlah bisnis. Salah satunya yakni jasa khusus PCR yang diklaim bisa deteksi varian Omicron. Layanan tersebut disediakan oleh Love Care Indonesia yang bekerja sama dengan Kalgen Innolab.

Love Care merupakan perusahaan rintisan yang fokus pada homecare. Di perusahaan tersebut, Veronica duduk sebagai Presiden Komisaris. Dalam akun Instagram pribadinya, Veronica menyampaikan poster PCR O+ di kantor LoveCare di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Disebutkan di poster tersebut, tes PCR O+ bisa mendeteksi varian Omicron secara spesifik. Harga tesnya pun lebih mahal dari standar Kemenkes (Jawa Bali Rp 275 ribu) yakni Rp 450 ribu.

Selain jasa PCR, Veronica juga punya bisnis-bisnis lain. Berikut rangkumannya:

Pemasok Daging Sapi Premium

Dalam unggahannya di akun Instagram pada 5 Maret 2020, Veronica bercerita bahwa dirinya tak pernah bermimpi jadi pengusaha. Tapi berawal dari kegemarannya menjamu teman dan keluarga sambil barbeque di rumah, muncul ide membuat bisnis pemasok daging sapi premium. Maka didirikan lah Alpha Agro Indonesia.

"Kegemaran saya menjamu teman dan keluarga sambil barbeque di rumah mengantar saya membuat bisnis supplier daging berkualitas bernama @alphaagroindonesia," kata Veronica, dikutip pada Selasa (18/1).

Veronica Tan. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Pada 11 Agustus 2021, Veronica kembali membagikan pengalamannya membangun bisnis daging sapi premium. Ia mengaku menikmati aktivitasnya di dunia bisnis.

"Gak pernah terbayang akan menyukai dunia bisnis. Kalau ada yang bilang dunia bisnis itu mirip dengan seni, sepertinya ada benarnya. Perpaduan antara logika, perasaan dan perhitungan yang harus matang," ujar Veronica.

Ia mengatakan, pebisnis harus selalu berkreasi, berinovasi, dan problem solving tiada henti.Mulai dari riset market, memilih product yang berkualitas, memastikannya tetap segar sampai di rumah konsumen, sampai ke mengurus karyawan yang harus menggunakan pendekatan hati dan perasaan.

"Tidak mudah, tapi selalu menarik untuk dikerjakan setiap hari. Untuk seluruh pelaku bisnis, stay strong. We are in this together, mari kita terus berkreasi, berinovasi, dan beradaptasi dengan keadaan," ucapnya.

Jasa Perawat Medis

Sebelum membuat jasa PCR, Love Care Indonesia menyediakan jasa perawat medis untuk perawatan di rumah. Veronica mengatakan, dirinya menikmati aktivitasnya di Love Care Indonesia karena panggilan untuk membantu dan melayani sesama.

"Belum lama ini, saya kembali terpanggil untuk membantu, dan melayani sesama dengan @lovecareindonesia, sebuah aplikasi penyedia jasa perawat medis berkualitas untuk pelayanan dan perawatan intensif di rumah," ia menjelaskan.

Dalam menjalankan bisnis-bisnisnya ini, Veronica menggandeng beberapa partner. "Saya tidak sendiri, ada beberapa partner juga yang terlibat dalam bisnis ini. Karena biar bagaimanapun segala sesuatu kalau dikerjakan bersama-sama pasti rasanya akan jauh lebih mudah," tutupnya.