Kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah hingga saat ini masih santer diperbincangkan. Terhitung lebih dari satu bulan sudah kecelakaan maut di Tol Jombang-Mojokerto KM 672 itu terjadi.

Tubagus Joddy alias Joddy, yang tak lain adalah supir Vanessa, juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan mendekam di Polres Jombang. Bahkan kabarnya, kini masa tahanan Joddy sudah habis. Bagaimana dengan kelanjutannya?

Kapolres Jombang Kombes Pol Gatot Repli Handoko langsung ungkap tabir baru. Kendati sudah habis masa tahanan Joddy, bukan berarti supir mendiang Vanessa itu melenggang bebas.

Kasus hukumnya masih berjalan. Masa penahanan selama 20 hari akhirnya diperpanjang hingga 9 Januari 2022 karena berkas perkara belum dinyatakan lengkap. Ada sejumlah kendala yang membuat kasus Joddy belum bisa diproses. 

Yang utama adalah perangkat mirip black box mobil Vanessa Angel yang dikirim ke Jepang belum memerlihatkan hasil. Penyidik akhirnya belum bisa melengkapi berkas perkara yang menjerat Tubagus Joddy.

"Belum. Belum ada dari sana. Tinggal nunggu itu. Kalau itu ada, sudah bisa kita limpahkan ke kejaksaan," kata Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Kabid Humas Polda Jawa Timur.

Jadwal persidangan akhirnya enggak bisa ditentukan sebelum berkas perkara dilimpahkan ke kejaksaan.

"Nanti saya ke penyidik. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dilimpahkan," ucap Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Di samping itu, Gatot mengungkapkan kondisi Tubagus Joddy saat bertemu di rutan Jombang dan menanyakan kabar serta kesibukannya di balik jeruji besi.

"Sehat, saya kemari ketemu sama dia, saya ke Jombang. Saya ngobrol sama dia, dia saya lihat sudah mulai rajin sembahyang," ujar Gatot seperti dikutip dari kanal YouTube Indosiar, Sabtu 4 Desember 2021.

Gatot menjelaskan Tubagus Joddy bersama empat tahanan lainnya berada satu kamar di penjara, Joddy dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah selama menjalani hukuman di penjara.

"Terus saya tanya gimana kamu di dalam. Baik pak sehat. Ada permasalahan enggak di dalam. Enggak ada pak, semua baik-baik. Berapa orang di dalam. Saya berempat pak. Dia bilang begitu," tuturnya.

Kepada Gatot, Tubagus Joddy mengungkapkan perasaannya setelah tragedi maut itu terjadi. Bahkan Joddy menginginkan untuk segera datang ke makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

"Dia menyesal sekali, dengan kejadian itu. Dia menyesal. Dia mau berkunjung ke tempat makamnya Vanessa," tutur Gatot.