Dok. Instagram @cobanrondomalang
Taman labirin di Coban Rondo

SIAPGRAK.COM – Liburan ke daerah Jawa Timur, sepertinya akan terasa kurang jika tak mampir ke wilayah Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Wilayah ini dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata buatan, spot selfie, hingga wahana bermain.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur panjangnya di Malang Raya, bisa mencoba mampir ke sejumlah tempat wisata berikut:

1. Florawisata San Terra de Lafonte

Tempat wisata ini ada Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang.

Setibanya di Florawisata San Terra Lafonte, wisatawan dapat menikmati panorama aneka jenis bunga. Kebun bunga ini cocok dijadikan latar foto.

Selain kebun bunga, ada juga bangunan bergaya Eropa yang dicat dengan warna-warna terang agar menarik wisatawan.

Florawisata San Terra Lafonte buka pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

Dilansir dari situs resminya, harga tiket Florawisata San Terra de Lafonte mulai dari Rp 25.000 pada weekdays (hari biasa), serta mulai dari Rp 30.000 untuk weekend (akhir pekan) atau libur nasional.

2. Batu Flower Garden

Selain bisa berkunjung ke Florawisata San Terra de Lafonte, para pencinta bunga bisa juga mampir ke Batu Flower Garden.

Tempat ini dibangun di kawasan lereng Gunung Panderman di atas ketinggian 1.000 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), sekaligus berada di atas lahan Perhutani.

Banyak tempat Instagramable bisa dikunjungi, mulai dari spot foto di atas bukit hingga Air Terjun Coban Rais. Ada juga tempat untuk berkemah.

Lokasinya ada di Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya.

3. Pantai Parang Dowo

Tempat wisata Instagramable tidak hanya berlokasi dataran tinggi, tapi juga di dataran rendah, salah satunya Pantai Parang Dowo.

Pantai Parang Dowo berlokasi di kawasan Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

Salah satu daya tarik Pantai Parang Dowo adalah batu karang yang warnanya berubah-ubah tergantung musim. Saat musim hujan, misalnya, warna karangnya menjadi hijau.

Pantai ini juga memiliki gugusan batu karang. Hal itu membuat ombak lautan tidak begitu terasa. Meski begitu, wisatawan tetap harus berhati-hati.

4. Hill House

Hill House merupakan tempat makan yang menawarkan masakan Jepang dan Korea dengan cita rasa Nusantara.

Memiliki konsep seperti ruang keluarga, Hill House juga menyediakan banyak fasilitas, seperti kolam renang, bar, day club, dankolam renang luar ruangan.

Tempat ini dibuka pada pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Mawar, Songgokerto, Kota Batu.

5. Alun-alun Malang

Jika ingin berwisata dengan biaya murah bisa datang ke Alun-alun Malang.

Kulinernya juga sangat lengkap. Ada banyak tempat makan legendaris yang wajib didatangi.

Desain alun-alun pada malam hari juga cukup Instagramable. Apalagi sekarang sudah ada banyak lampu hias yang dijadikan dekorasi di tempat ini.

Tempat ini buka selama 24 jam dan berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang.

6. Dino Mall

Dino Mall adalah bagian dari Jatim Park 3 yang beroperasi pada pukul 11.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu membayar jika ingin menjajal wahana yang tersedia.

Wahana di Dino Mall cukup banyak dan semuanya bertemakan dinosaurus. Tersedia pula tempat nongkrong di bangunan dua lantai ini.

Alamat lengkapnya ada di Jalan Ir. Soekarno Nomor 144, Beji, Junrejo, Kota Batu.

7. Malang Night Paradise

Sebagai salah satu kawasan wisata di Jawa Timur, Malang juga menyediakan hiburan menarik pada malam hari, yakni tempat dengan banyak lampu dan fasilitas permainan.

Malang Night Paradise adalah tempatnya. Terdapat beragam hiburan, seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, dan Flying Car.

Bagi yang tertarik, bisa langsung datang ke Malang dan mencoba wahana yang ada. Ingat, datang saat sore sekitar pukul 17.45 WIB untuk membeli tiket, sedangkan jam tutupnya pukul 22.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya ke Malang Night Pradise per orang dibanderol dari harga Rp 55.000, dikutip dari Instagram resminya.

8. Taman Rekreasi Selecta

Menjajal beragam permainan sambil melihat pemandangan alam merupakan sesuatu yang menyenangkan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di Taman Rekreasi Selecta.

Uniknya, tempat ini dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Welirang, dan Anjasmoro.

Banyak wahana wisata yang bisa dicoba, seperti flying fox, perahu ayun, sky bike, dan cinema 4D.

Alamatnya berada di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket per orangnya mulai dari Rp 40.000, dikutip dari situs resminya.

9. Museum Angkut

Pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat koleksi moda transportasi yang ada di dunia sejak zaman dahulu hingga sekarang, dengan jumlah sekitar ratusan.

Lokasi Museum Angkut berada di lereng Gunung Panderman, tepatnya ada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Batu, Kota Batu.

Tempat ini dibangun di tanah seluas 3,8 hektare dan dibuka pada pukul 12.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Berdasarkan akun Instagram Museum Angkut, untuk biaya masuk per orangnya saat weekdays mulai dari Rp 100.000, sedangkan saat weekend mulai dari Rp 110.000.

10. Jatim Park 1

Jawa Timur (Jatim) Park 1 menawarkan berbagai macam wisata edukasi dan wahana bermain, dikutip dari situs web resminya.

Ada taman fisika, taman sejarah, galeri etnik, dan sejumlah wahana bermain sert belajar.

Untuk wahana bermain, ada Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, dan Flying Tornado.

Alamatnya ada di Jalan Kartika dua Kota Wisata Batu, Kota Batu. Untuk biaya masuk Jatim Park 1 sekaligus Museum Tumbuh mulai dari Rp 120.000.

Adapun paket harga tiket masuk ke Jatim Park 1 dan Museum Angkut menjadi Rp 160.000.

11. Jawa Timur Park 2

Ada lagi Jatim Park 2 yang berada di bawah naungan PT Jawa Timur Park Group.

Berbeda dengan Jatim Park 1, tempat wisata ini lebih condong ke tempat wisata bertema edukasi.

Terdapat tiga tempat wisata utama yang wajib dikunjungi, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Lokasinya ada di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Buka pukul 09.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Biaya masuk ke Jatim Park 2 untuk yang paling baru adalah mulai dari Rp 130.000 per orangnya.

12. Jatim Park 3

Jatim Park 3 memiliki berbagai wahana dengan tema unik.

Wahana hiburan sekaligus edukasi di Jatim Park 3 yang bisa dicoba ada Dino Park, Museum Musik Dunia, Zona Japan, The Legend Stars, Milenial Glow hingga Funtech Plaza.

Tempat wisata ini dibuka dari siang hari sekitar pukul 11.00 WIB sampai malam pada pukul 20.00 WIB.

11. Taman Langit Gunung Banyak

Jika suka berfoto di spot-spot unik dan Instagramable, bisa mampir ke Taman Langit Gunung Banyak yang berada di Brau, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu.

Tempat wisata ini punya konsep menarik, yakni terkait tujuh cahaya cakra manusia, yang digambarkan dengan dua patung perempuan yang dimaksudkan sebagai bidadari.

Jam buka Taman Langit Gunung Banyak sama setiap harinya yakni mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

12. Paralayang Gunung Banyak

Selanjutnya ada Paralayang Gunung Banyak awalnya digunakan sebagai landasan take off untuk para atlet paralayang, tapi kemudian disulap menjadi lokasi wisata populer.

Letaknya ada di di Gunung Banyak di ketinggian 1.326 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di Jalan Gunung Banyak, Songgokerto, Batu, Kota Batu.

Saat malam hari, tempat wisata ini menawarkan pemandangan lampu dari ketinggian.

Bagi yang suka tantangan bisa mencoba paralayang di tempat ini, untuk biayanya bervariasi tergantung dari peralatan dan fasilitas yang diinginkan. Rata-rata harganya dibanderol mulai dari Rp 400.000

13. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo menawarkan pemandangan air terjun beserta lanskap alamnya.

Terdapat cerita rakyat yang berhubungan dengan air terjun ini, yakni mengenai pasangan kekasih yang harus terpisah oleh maut, dikutip dari Kompas.com, Rabu (7/11/2018).

Jalan untuk mencapai air terjun juga terbilang mudah karena sudah ada jalur yang dibangun. Jarak tempuh dari area parkir kendaraan juga hanya sekitar 200 meter.

Alamatnya ada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Buka pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB.

14. Pantai Bajulmati

Kelebihan Pantai Bajulmati dibandingkan pantai lainnya di Malang adalah adanya cekungan-cekungan, dikutip dari situs web Kabupaten Malang.

Namanya pantainya cukup unik. Jika diartikan, maka bajulmati berarti biawak mati.

Alasan nama tersebut diberikan karena adanya gugusan bukit mirip biawak mati jika dilihat dari jauh.

Sayangnya, area pantai ini punya struktur yang curam, sehingga pengunjung dilarang berenang sampai ke bagian tengah.

Ada spot foto yang terkenal di pantai ini, yakni sebuah jembatan yang ada di kawasan Pantai Bajulmati.

Lokasinya ada di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

15. Wisata Alam Brakseng

Berkunjung ke Malang Raya jangan sampai melewatkan mampir ke Wisata Alam Brakseng yang memiliki pemandangan perkebunan.

Selain menawarkan tempat foto dengan latar Instagramable, di tempat ini pengunjung juga bisa bersantai di kafe sambil menyegarkan pikiran.

Jadwal buknya mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya. Berlokasi di kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu.

16. Taman Kunang Kunang

Taman Kunang-kunang merupakan tempat yang bagus bila dikunjungi pada malam hari. Banyak lampu-lampu yang disusun secara apik, sehingga cocok sebagai latar selfie.

Terdapat ratusan lampu LED yang dipasang untuk menerangi taman tersebut. Ada juga gazebo untuk bersantai dan penjual makanan.

Bagi yang ingin menikmati suasana malam bisa berkunjung ke Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Klojen, Kota Malang.

17. Pantai Balekambang

Wisatawan yang ingin bermain air di pantai, bisa datang ke Pantai Balekambang yang disebut sebagai salah satu tempat wisata alam terkenal di Malang, dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/7/2020).

Pantai ini terkenal karena menjadi lokasi Pura Amertha Jati yang terletak di atas pulau karang. Tempatnya bisa dibilang mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali.

Lokasinya ada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jika ingin datang ke Pulau Ismoyo, bisa langsung menyeberangi jembatan yang ada di kawasan pantai sepanjang 70 meter.

18. Kebun Teh Wonosari

Malang juga punya tempat untuk menikmati pemandangan kebun teh, namanya adalah Kebun Teh Wonosari.

Alamatnya ada di Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Kabupaten Malang.

Luas areanya mencapai 528 hektare, jadi wisawatan bisa puas memandangi hamparan kebun teh maupun melakukan beragam aktivitas, seperti bersepeda, menjajal outbound, dan naik motor trail.

Jika penasaran dengan proses pengolahan teh setempat dan aneka jenis teh, pengunjung juga bisa melihatnya di tempat ini.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/10/2021) Kebun Teh Wonosari ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Jika ingin menikmati alamnya lebih lama, wisatawan bisa menginap di tempat ini. Tersedia puluhan cottage yang bisa dipilih.

19. Pantai Ngantep

Wisata pantai lainnya di wilayah Malang Raya adalah Pantai Ngantep yang buka 24 jam.

Lokasinya ada di Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

Ombak di pantai ini diketahui cukup besar, jadi wisatawan tak disarankan untuk berenang demi keamanan.

Terdapat tebing karang di kawasan pantai yang bisa didaki, jika ingin melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

20. Bukit Teletubbies Batu

Salah satu tempat unik yang wajib didatangi di wilayah Malang Raya adalah Bukit Teletubbies Batu di Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tempat ini dinamai Bukit Teletubbies Batu karena permukaan tanah di tempat ini naik turun, seperti bukit yang ada di acara Teletubbies.

Tempatnya yang terlihat Instagramable, pas sekali buat berburu foto. Jika hanya ingin santai, bisa piknik sambil menunggu matahari tenggelam, dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Selain menikmati pemandangan bukit, wisatawan bisa melihat panorama Gunung Arjuno.

21. Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah berlokasi di kawasan Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang.

Wisatawan bisa melihat ekosistem bawah air seperti ikan-ikan, tumbuhan, dan bebatuan tanpa harus menyelam.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (24/11/2020), pengunjung juga bisasnorkeling di tempat ini, atau hanya sekadar menikmati suasana di sekitar mata air.

Pengunjung yang bermain air atau berenang harap berhati-hati saat akan memasukki kolam, karena kedalamanya berbeda, mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter.

22. Pantai Batu Bengkung

Sesuai namanya, di sekitar Pantai Batu Bengkung tersebar banyak batu karang berbagai ukuran.

Ombaknya yang besar membuat pengunjung tak disarankan berenang di pantai ini, meski begitu ada cekungan batu sedalam 1,5 meter berisi air di tepi pantai yang bisa digunakan untuk berenang.

Sayangnya, cekungan berisi air itu akan hilang saat air laut sedang surut.

Alamat lengkap Pantai Batu Bengkung berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

23. Taman Slamet

Taman Slamet adalah sebuah lokasi yang pas buat santai di kawasan kota.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Taman Slamet punya desain modern dengan instalasi enam gunung.

Ada Gunung Arjuna, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan Gunung Panderman, yang bermakna bahwa Kota Malang dikelilingi oleh banyak gunung.

Lokasinya ada di Jalan Taman Slamet Nomor 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Ada juga pedagang makanan di sekitar area taman, sehingga pengunjung tak akan merasa kelaparan.

24. Lembah Indah Malang

Lembah Indah berada di kaki Gunung Kawi, yakni di Desa Belasari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Tempat wisata ini menawarkan panorama pedesaan dan perbukitan. Salah satu fasilitas yang bisa digunakan adalah glamping (glamour camping) dengan tenda berbentuk gelembung atau bubble tents.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (21/6/2021), biaya menginap di tempat ini mulai dari Rp 600.000 pada hari biasa dan Rp 750.000 pada akhir pekan.

25. Coban Rais

Coban Rais adalah sebuah wisata air terjun yang lokasinya berada di tengah hutan, tepatnya di Dusun Desel, Desa oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Pengunjung bisa menikmati alamnya dan melihat air terjun setinggi 20 meter dengan aliran yang deras.

Lantaran lokasinya ada di tengah hutan, akses menuju Coban Rais cukup sulit dan penuh tantangan, dikutip dari Tribunnews Wiki.

Sebelumnya nama tempat wisata ini adalah Coban Sabrangan karena wisatawan harus menyeberangi 14 sungai terlebih dahulu untuk sampai lokasi.

Namanya pun kemudian berubah saat warga sekitar menyebutnya Coban Rais Mojokerto, karena lokasinya berdekatan dengan Kabupaten Mojokerto yang berbatasan dengan Kota Batu.

26. Kampung Jodipan

Kampung warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan merupakan salah satu tempat wisata populer di Kota Malang.

Diketahui ada ratusan rumah yang dicat warna-warni sehingga kampung ini menjadi tampak Instagramable dan bagus untuk latar foto.

Jika ingin datang ke tempat ini, lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

27. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Wisatawan yang ingin berfoto ala zaman dahulu bisa datang ke Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto di sejumlah bangunan kuno dengan arsitektur bergaya Belanda yang masih terawat dan asli, dikutip dari Kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Setiap bangunan kuno tersebut juga menyimpan kisah spesial yang sayang untuk dilewatkan wisatawan.

Kampoeng Heritage Kajoetangan berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim gg II, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

28. Taman Trunojoyo

Lokasi taman yang satu ini cukup strategis karena berada di dekat Alun-alun Tugu dan Balai Kota Malang.

Taman Trunojoyo punya nama lain yakni Taman Bentoel Trunojoyo atau Taman Cerdas Trunojoyo dan punya fasilitas lengkap.

Berdasarkan laman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ada taman bermain, teman duduk dan gazebo, taman refleksi, dan area kulineran.

Alamat lengkapnya ada di Jalan Trunojoyo, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

29. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark adalah sebuah taman air yang punya luas mencapai 5 hektare dengan 12 wahana air sepektakuler, dikutip dari laman resminya.

Lokasinya ada di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Wahana yang tersedia ada Waikiki Beach, Jet Coaster Slide, Hawai Waterhouse, Waimea Stream River, Wailele Extreme Slide, dan Rainbow Fall.

Ada juga foodcourt dan spot foto yang disediakan pengelola untuk para pengunjung Hawai Wterpark.

Harga tiketnya mulai dari Rp 75.000 saat weekdays, dan mulai dari Rp 100.000 saat weekend. Jam bukanya adalah pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB.

30. Bukit Nirwana

Wisata di kawasan perbukitan Malang cukup banyak, tapi Bukit Nirwana cukup spesial karena menawarkan pemandangan 10 gunung.

Lokasinya yang ada di ketinggian membuat pengunjung dengan mudah menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Kebanyakan yang liburan di tempat ini akan memilih berkemah sambil menyalakan api unggun agar udara terasa hangat.

Alamatnya berada di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Batu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

31. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) merupakan wisata malang yang terkenal di daerah Malang karena punya banyak wahana seru.

Wahana yang ditawarkan ada perang laser, rumah hantu, roller coaster, hingga studio 4D. Tesedia juga spot foto berupa balon udara, menara Eiffel, dan kereta Cinderella di taman lampion.

Jadwal buka BNS dimulai dari sore yakni pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya. Berlokasi di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

32. Bukit Delight

Desain restoran ini cukup unik, terutama area outdoor-nya yang dikelilingi pepohonan.

Tersedia kursi dan meja di area outdoor-nya. Ada juga alas tikar, sehingga berkesan seolah tengah piknik di alam.

Alamatnya ada di Jalan Joyo Agung Nomor 1, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Buka dari pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Menu yang ditawarkan tergolong lengkap, di antaranya anekarice bowl, kopi, milkshake, dan beragam jenis teh.

Penulis : Desi Intan Sari Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti