Wanna One dikonfirmasi akan mengadakan reuni di panggung MAMA 2021./ foto: instagram.com/wannaone.official
Wanna One dikonfirmasi akan mengadakan reuni di panggung MAMA 2021./ foto: instagram.com/wannaone.official

Kabar gembira buat kamu penggemar K-Pop. Grup fenomenal Wanna One dikonfirmasi akan reuni di Mnet Asia Music Award (MAMA) 2021 mendatang! Kabar tersebut sontak menjadi trending di mana-mana, mengingat betapa populernya grup bentukan Produce 101 Season 2 ini. 

Sambil menunggu reuni mereka di panggung MAMA, intip kilas balik fakta-fakta Wanna One yang bikin kagum berikut ini, yuk! 

1. Debut Dari Program Survival

foto: MNet Official
foto: MNet Official

Produce 101 Season 2/ foto: MNet Official

Wanna One debut pada tahun 2017 lalu, dengan jumlah anggota 11 orang. Seluruh anggota Wanna One merupakan para 11 kontestan Produce 101 Season 2 dengan ranking terbaik dari total 101 peserta yang berhasil lolos ke dalam line up debut.

Sejak tanggal 7 April 2017, 101 trainee pria dari 54 agensi hiburan di Korea bersaing dalam program bentukan Mnet ini, untuk didebutkan dalam satu grup idol. Mereka mengikuti berbagai misi dan dieleminasi setiap minggunya, hingga menyisihkan 20 peserta.

Dari 20 orang yang tersisa akhirnya terpilih Kang Daniel, Park Jihoon, Kim Jae Hwan, Lee Dae Hwi, Ong Seong Wu, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun, Bae Jin Young, dan Ha Sung Woon sebagai anggota Wanna One di hari final. 

2. Grup K-Pop dengan Kontrak Kontemporer

foto: instagram.com/wannaone.official
foto: instagram.com/wannaone.official

Wanna One/ foto: instagram.com/wannaone.official

11 anggota Wanna One berangkat dari agensi yang berbeda-beda. Sama seperti grup senior mereka dari program survival yang sama, I.O.I, Wanna One juga dibentuk sebagai project group dengan masa kontrak tertentu.

Meskipun mendapat popularitas yang sangat tinggi, Wanna One terpaksa harus dibubarkan setelah kontrak mereka berakhir di akhir tahun 2018. Para anggota kembali ke agensi masing-masing dan mulai kembali berkarier lagi di sebagai idol hingga aktor.

3. Memiliki Dua Anggota yang Telah Debut 

foto: instagram.com/wannaone.official
foto: instagram.com/wannaone.official

Anggota Wanna One/ foto: instagram.com/wannaone.official

Produce 101 Season 2 pada dasarnya merupakan program survival untuk para trainee idol K-Pop. Namun, ada beberapa peserta yang mengikuti program ini meskipun mereka telah debut lebih dulu sebagai idol, aktor, maupun model. Seperti Hwang Min Hyun dan Ha Sung Woon yang sudah dikenal sebagai idol.

Hwang Min Hyun debut pada tahun 2012 bersama NU'EST di bawah naungan Pledis Entertainment, sedangkan Ha Sung Woon debut tahun 2014 di bawah Star Crew Entertainment. Terpilih sebagai anggota Wanna One membuat mereka berdua harus hiatus dari grup masing-masing selama periode kontrak yang telah disepakati.

4. Raih Segudang Prestasi di Waktu Singkat

foto: instagram.com/wannaone.official
foto: instagram.com/wannaone.official

Suasana konser grup Wanna One/ foto: instagram.com/wannaone.official

Rata-rata grup idol K-Pop membutuhkan waktu setidaknya  2-3 tahun untuk bisa diakui oleh publik dan meraih berbagai prestasi. Namun, Wanna One berhasil mengumpulkan banyak prestasi berkat popularitas mereka.

Dalam jangka waktu 1,5 tahun, Wanna One sukses banjir iklan, hingga penghargaan. Dari 40 nominasi di berbagai ajang penghargaan tahunan, Wanna One berhasil memenangkan 22 penghargaan. Selain itu, mereka juga telah mengumpulkan 34 trofi di program musik. 

Tidak cukup sampai di situ saja, Wanna One juga menggelar fan meeting skala besar, hingga konser tur dunia. Bahkan pada konser perpisahan mereka, Wanna One sukses mengumpulkan 18.000 penonton di Gocheok Sky Dome, di mana tempat tersebut merupakan stadion dengan kapasitas terbesar di Korea.

Kabarnya, grup fenomenal ini juga berhasil meraih pendapatan sebanyak 80 milyar won, atau sekitar Rp 1 triliun. Nah, itu dia beberapa fakta menarik mengenai grup Wanna One. Mari kita tunggu bersama reuni mereka ya, Beauties!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!