SIAPGRAK.COM - Teka-teki liar yang menyelimuti masa depan Robert Lewandowski akhirnya terjawab. Penyerang berusia 33 tahun tersebut resmi meninggalkan Allianz Arena markas Bayern Munchen.

Direktur Olahraga Die Roten, Hasan Salihamidzic mengkonfirmasi jika Lewandowski tak ingin memperpanjang kontraknya yang kadaluarsa 2023 mendatang.

Brazzo sapaan akrab Hasan Salihamidzic menyebut jika Lewandowski ingin mencari tantangan di klub lain.

"Dia memberi tahu saya bahwa dia tidak ingin menerima tawaran kami untuk memperpanjang kontrak dan ingin pergi," ucap Salihamidzic kepada Sky Germany.

"Dia bilang dia ingin melakukan sesuatu yang lain,"

Lewandowski yang menyisakan 1 tahun kontraknya dengan Bayern Munchen telah dikaitkan dengan Barcelona.

Meski demikian, Salihamidzic menyarankan striker yang jadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Bundesliga tersebut untuk tidak angkat kaki dalam waktu dekat.

"Posisi kami tidak berubah," katanya.

"Faktanya dia memiliki kontrak hingga 30 Juni 2023," tegas Salihamidzic.

Terlepas dari klub mana yang akan jadi pelabuhan baru Lewandowski, kabar tersebut jelas jadi pukulan telak bagi Bayern Munchen.

1. Lewandowski ke Barcelona?

Robert Lewandowski merayakan golnya di Laga Wolfburg vs Bayern Munchen (REUTERS/Fabian Bimmer)

Bukan tanpa alasan, sejak pindah ke Allianz Arena 2014 silam Lewandowski langsung memaku posisinya di lini depan Bayen Munchen.

Penyerang asal Polandia tersebut pun menjadi aktor penting di balik kesuksesan klub dalam beberapa musim terakhir.

Terutama delapan gelar liga Jerman hingga memenangkan trofi si Kuping Besar alias Liga Champions pada musim 2019-20.

Tak cuma gelar kolektif, Lewandowski juga terbilang sukses dalam prestasi individu. Bahkan musim lalu ia mampu mengoleksi 43 gol dalam satu tahun kalender.

Tak pelak jika nama Lewandowski masuk dalam daftar pemain tersubur dalam sejarah Liga Jerman. Ia hanya kalah dengan Gerd Muller.

Kini Lewandowski malah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir 2023 mendatang.

Belum jelas kemana Lewandowski akan melanjutkan kariernya. Namun Bayern Munchen dipaksa untuk menjual Lewandowski dalam waktu dekat.

Jika tidak, Die Roten akan kehilangan eks Borussia Dortmund tersebut dengan harga murah bahkan gratisan di tahun depan.

Besar kemungkinan, jika dilepas musim panas nanti Bayern Munchen bakal dijual ke Barcelona.

Bukan tanpa alasan, klub Catalan tersebut sudah lama dikaitkan dengan Lewandowski. Bahkan agen Lewandowski sudah kepergok beberapa kali bertemu dengan Joan Laporta.

2. Bidik Bintang Lain

Romelu Lukaku terlihat lesu di laga Manchester City vs Chelsea, Sabtu (15/01/22). (REUTERS/Peter Powell)

Barcelona sendiri sudah menyiapkan alternatif jika gagal membawa Robert Lewandowski dalam jendela transfer musim panas nanti.

Adalah bomber Chelsea, Romelu Lukaku yang jadi plan B Tim Catalan untuk mengantipasi jika gagal membawa Lewandowski.

Seperti yang diketahui, Romelu Lukaku dalam situasi sulit sejak kepindahannya ke Chelsea pada musim panas lalu dengan harga 115 juta euro dari Inter Milan.
Sempat menggila pada awal-awal kepindahannya, Lukaku kemudian dibenci oleh pendukung Chelsea menyusul pernyataan kontroversialnya yang menjelekkan Thomas Tuchel dan ingin kembali ke Inter.
Hal ini membuat Lukaku pun kesulitan berkembang di Chelsea. Di musim ini dirinya baru mencetak 12 gol dari 40 laga di segala ajang.