Badmintonphoto
Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito saat bertanding melawan wakil Aljazair pada laga pertama Grup A Piala Thomas 2020.

SIAPGRAK.COM - Di masa lalu, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, nyaris menjadi pesepak bola.

Shesar Hiren Rhustavito nyaris ingin menjadi pesepak bola ketika ia masih kecil sebelum akhirnya memutuskan menjadi pebulu tangkis seperti sekarang ini.

Alasan Shesar akhirnya memutuskan menjadi atlet bulu tangkis lantaran ia tidak punya idola di dunia olahraga sepak bola.

“Dulu sempat hampir jadi pemain bola," kata Shesar dikutip dari laman resmi Djarum Badminton terbitan 8 November 2020 lalu.

"Waktu kecil saya suka main bulu tangkis dan sepak bola. Dua-duanya ditawarin orang tua, lalu saya disuruh pilih mau fokus ke mana," ujar Shesar.

"Berhubung waktu kecil saya senang liat mas Sigit (Budiarto) dan Taufik (Hidayat), dari situ saya berpikir pengen seperti mereka. "

"Kalau di sepak bola saya nggak ada idola. Makanya saya jadi milih bulu tangkis,” beber atlet kelahiran Sukoharjo tersebut.

Pilihan Shesar menjadi atlet bulu tangkis terbukti tepat. Ia berhasil meraih berbagai prestasi di dunia olahraga bulu tangkis.

Melansir dari laman PB Djarum, sejak memutuskan menjadi pebulu tangkis, Shesar sudah mengoleksi berbagai gelar bergengsi termasuk medali emas SEA Games 2019 (beregu putra), juara BWF Tour Super 100 Russian Open 2019 (tunggal putra), dan juara Badminton Asia Team Championships 2020 (beregu putra).

Adapun Shesar saat ini tengah berjuang bersama rekan-rekannya di ajang Piala Thomas atau Thomas Cup 2020.

Shesar Hiren Rhustavito merupakan salah satu atlet bulu tangkis sektor tunggal putra yang mewakili Indonesia di Piala Thomas 2020 yang digelar di Aarhus, Denmark.

Pada partai terakhir Grup A Piala Thomas yang digelar pada Rabu (13/10/2021), Shesar menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Taiwan.

Vito panggilan akrab Shesar menjadi wakil Indonesia terakhir yang turun pada laga pamungkas Grup A Piala Thomas.

Turun pada match kelima, Vito menang atas Chi Yu Jen (Taiwan) dengan skor 16-21, 21-18, dan 21-19 lewat perjuangan 1 jam dan 13 menit.

Alhasil tim Indonesia lolos sebagai juara Grup A Piala Thomas setelah mengungguli Taiwan dan Thailand.

Biodata Shesar Hiren Rhustavito

Nama lengkap: Shesar Hiren Rhustavito
Tempat/tanggal lahir: Sukoharjo, 3 Maret 1994
Kewarganegaraan: Indonesia
Pegangan tangan: Kanan
Tinggi badan: 170 cm
Peringkat dunia: 19 ( per 14 September 2021)

Penulis : Kevin Topan Kristianto Editor : Kevin Topan Kristianto