PPKM Level 3, Sandiaga Uno Beri Opsi untuk Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah akan menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

Kebijakan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia ini akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kebijakan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 saat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, PPKM Level 3 tidak menutup tempat usaha namun hanya membatasi.

“PPKM Level 3 bukan berarti pelarangan dari kegiatan operasional tetapi pembatasan. Oleh karena itu, saya akan berkoordinasi dengan pak kadis agar usaha di pariwisata dan ekonomi kreatif diberikan sosialisasi,” katanya.

Mantan Wakil Gubenur DKI Jakarta itu menyebutkan, ada beberapa opsi yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha. Salah satunya dengan memanfaatkan dan mengembangkan konsep luar ruangan atau outdoor.

“Kami akan memberikan surat edaran tentang panduan beroperasi dalam PPKM Level 3 sesuai dengan Inmendagri. Berarti konsep pariwisata yang lebih lokal, lebih menarik minat khusus, konsep pariwisata yang lebih bisa dikemas Prokes alam terbuka akan diminati,” ungkapnya.

Menurutnya, PPKM Level 3 sebagai upaya pemerintah untuk mencegah adanya gelombang ketiga. Sebab jika itu terjadi, maka akan ada lagi pengetatan bahkan penutupan tempat usaha.

“Jadi para pelaku wisata dan ekonomi kreatif bisa mengantisipasi. Saya melihat walupun sulit PPKM Level 3 kita harus mengambil langkah tegas untuk memastikan gelombang varian baru yang kita diprediksi akan terjadi bisa kita mitigasi dengan antisipasi,” tandasnya.

Selain itu, Sandi mengatakan siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“Oleh karena itu saya mendorong pemberian bantuan secara tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu dan saya terima kasih RKS memberikan bantuan kepada masyarakat, ini yang sudah ditunggu. Kami juga akan mempercepat program bantuan kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, PPKM Level 3 mendatang bakal berdampak kepada masyarakat utamanya mereka yang bergerak di bidang pariwisata maupun ekonomi kreatif.

“Kita akan memasuki PPKM Level 3, sementara pariwisata dan ekonomi kreatif sedang tertekan ini akan semakin membuat masyarakat kesulitan,” sebutnya.

Bantuan ini bakal dibagikan lewat Relawan Kawan Sandi (RKS) yang sudah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Mereka bertugas mendata siapa yang berhak menerima. (ikbal/fajar)