Ilustrasi konser. Foto: Dok. SIAPGRAK.COM

SIAPGRAK.COM - Usai 2 tahun vakum lantaran kondisi pandemi COVID-19, akhirnya di tahun 2022 Indonesia dapat kembali menggelar festival dan konser musik yang bisa dihadiri secara langsung.

Ada beberapa festival dan konser musik yang akan mengobati kerinduan para pencinta musik sepanjang tahun 2022. Mulai dari musisi lokal hingga Internasional.

Berikut deretan jadwal festival dan konser di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan:

1. Java Jazz Festival

Setelah vakum karena pandemi COVID-19, BNI Java Jazz Festival 2022 akan digelar secara offline tahun ini. BNI Java Jazz 2022 dijadwalkan berlangsung pada 27-29 Mei 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sejumlah musisi dalam dan luar negeri sudah dipersiapkan untuk menghibur kembali masyarakat Indonesia. Salah satu headline yang paling dinantikan tentu saja PJ Morton.

2. Prambanan Jazz Festival

Festival musik tahunan yang menyuguhkan kolaborasi mahakarya musik dengan latar belakang Candi Prambanan, Prambanan Jazz Festival (PJF) tahun ini akan digelar pada 1-3 Juli mendatang di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Yogyakarta.

Adapun beberapa nama line up yang sudah dipastikan tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2022 adalah Kahitna, Kunto Aji, Diskoria, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Bemandry, Andien, Mus Mujiono x Deddy Dhukum x Everyday, dan masih banyak lagi.

3. The Justice World Tour

Justin Bieber akan menggelar world tour terbarunya yang bertajuk “Justice World Tour” dan akan singgah ke Indonesia pada tanggal 2 dan 3 November 2022. Tur musik itu nantinya akan diselenggarakan di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

4. Saranghaeyo Indonesia 2022

Kabar bahagia bagi penggemar K-pop, karena konser K-pop Saranghaeyo Indonesia 2022 akan kembali diadakan pada 10 Desember 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Meskipun belum diketahui pasti line up atau bintang tamu yang akan hadir, namun promotor konser tersebut yakni Mecima Pro menyebutkan akan ada empat K-pop Idol yang hadir memeriahkan konser Saranghaeyo Indonesia kali ini.

5. Rossa 25 Shining Years Concert

Penyanyi Indonesia bersuara merdu, Rossa, juga akan menggelar konser musik secara offline untuk merayakan 25 tahun perjalanan kariernya di industri musik Indonesia.

Konser bertajuk ‘Rossa 25 Shining Years Concert’ itu rencananya akan digelar di empat kota, yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.

6. THE BOYZ WORLD TOUR : THE B-ZONE (9 Juli)

Debut pada tahun 2017, Korean boy group, The Boys akhirnya mengadakan world tour. Indonesia jadi salah satu negara di Asia yang akan dikunjungi oleh group naungan IST Entertainment ini. THE BOYZ WORLD TOUR: THE B-ZONE akan diadakan pada 9 Juli 2022 di Tenis Indoor Senayan.

7. Pestapora

Festival baru bernama Pestapora langsung mendapat antusias yang luar biasa karena menghadirkan banyak line up lintas genre dan generasi. Mulai dari Tulus, Kangen Band Reunion, Inul Daratista, Efek Rumah Kaca, The Sigit, hingga King Nassar.

Nah, Pestapora ini akan diadakan pada tanggal 23-25 September 2022 di Kemayoran. Jika tertarik, kini kamu bisa membeli presale 2 untuk tiket 3 hari sekaligus dengan harga Rp 550 ribu.

8. We The Fest

Kerap disebut sebagai Coachella versi Indonesia, akhirnya We The Fest siap diadakan kembali secara offline pada 23-25 September 2022. Melalui akun Instagramnya, We The Fest belum mengumumkan line up yang akan hadir. Meski begitu, We The Fest ini biasanya akan menghadirkan sejumlah musisi atau band luar negeri yang tengah populer.