foto: TikTok/@buk417_suhu
Prajurit itu membungkus tangan pakai seragamnya lalu memukul kaca mobil hingga pecah.

SIAPGRAK.COM - Menjadi seorang abdi negara memang memiliki kebanggaan tersendiri. Hal itu karena tugasnya untuk menjaga keutuhan NKRI dan pengayom masyarakat. Sehingga, para abdi negara layak untuk dijadikan contoh dalam berbagai hal kebaikan. Seperti kisah seorang abdi negara dari TNI AD yang aksinya baru-baru ini viral di TikTok karena menyelamatkan seorang balita terkunci dalam mobil.

Video yang berdurasi 32 detik tersebut diunggah oleh akun TikTok @buk417_suhu pada Selasa, 21 Juni 2022. Pengunggah video tidak menuliskan keterangan apapun dalam unggahannya tersebut, dia hanya menuliskan, 'Mantap Bravo TNI' pada cuplikan video. Dalam tayangan video terlihat warga tengah berkerumun mengelilingi mobil berwarna merah yang di dalamnya terjebak seorang balita perempuan, warga hanya mengintip melalui jendela tanpa ada upaya apapun.

foto: TikTok/@buk417_suhu

Menurut informasi yang beredar, balita tersebut ditinggal oleh orang tuanya untuk berbelanja ke pasar dengan kondisi mobil terkunci. Sebagai informasi jika dibiarkan terlalu lama seorang anak berada di dalam mobil 'rapat' dengan kondisi mesin tidak menyala merupakan hal yang fatal. Karena akan kehabisan oksigen hingga mengakibatkan kematian.

Tak berselang lama, dua orang anggota TNI datang dan salah satu di antaranya dengan sigap melepas PDL miliknya yang digunakan sebagai pelindung tangan untuk memecahkan kaca mobil. Dengan pukulan keras, kaca mobil dengan mudah dipecahkan dan TNI tersebut berusaha membuka pintu mobil lalu menyelamatkan sang balita.

foto: TikTok/@buk417_suhu

Menurut komentar dalam unggahan video TikTok tersebut, dari salah satu warganet mengungkapkan bahwa kejadian itu terjadi di Timika, Provinsi Papua pada hari Selasa, 21 Juni 2022. Dan anggota TNI yang melakukan aksi heroik tersebut diketahui bernama Praka Purna Irawan Setyabudi yang berasal dari satuan Brigif Raider 20/IJK/3 Kostrad. Sedangkan, balita yang terkunci tersebut bernama Nazira Shaquila Halwatuzahra.

Faktanya, Praka Purna adalah ayah atau orangtua dari Nazira, balita yang terkunci di dalam mobil pada saat ibunya turun untuk berbelanja di Pasar Timika. Kebetulan sang putri yang masih balita memainkan kunci mobilnya, sehingga otomatis terkunci.

Karena lama terkunci hampir satu jam, sang istri menghubungi sang suami untuk meminta pertolongan. Beruntung, Praka Purna datang dan langsung menyelamatkan balita itu dengan memecahkan kaca mobil.

foto: TikTok/@buk417_suhu

Karena hal tersebut, video yang sempat viral ini hingga saat ini Rabu (22/6), seperti yang telah SIAPGRAK.COM lansir dari akun TikTok @buk417_suhu telah dilihat sebanyak 16,6 juta kali dan menuai 32 ribu komentar beragam dari warganet. Banyak warganet yang memuji aksi TNI tersebut.

"Jiwa militer adalah melindungi rakyat mantab pak tentara." puji akun @pratamamobilindo

"Kaca mobil bisa dibeli, nyawa anak tak ada pengganti. Mungkin hal ini yang terbesit dihatinya, hingga berani mengambil tindakan demikian. Good job." komentar akun @pelangi_kehidupan99

"kaca mobil itu tdk mudah pecah, strong buat TNI." tulis akun @sudiansyah

"Sederhana dalam ucapan, Hebat dalam tindakan. Bersama Rakyat TNI Kuat. #BravoTNI." komentar pemilik akun @heru_dewantara

"Sehat sehat bapak TNI, siapapun kamu." doa pemilik akun @nofelitasijabat.

@buk417_suhu #fyp #foryourpage Glimpse of Us - Joji