Lee Zii Jia Tolak Gaji Rp3,4 Miliar dari BAM, Kalau Gaji Pemain Pelatnas PBSI Berapa?
Artinya jika dikalkulasikan, Zii Jia mendapat gaji sebesar Rp283 juta setiap bulannya jika tetap bertahan di pelatnas Malaysia.

KUALA LUMPUR - Lee Zii Jia menolak tawaran gaji tinggi yang disodorkan Federasi Badminton Malaysia (BAM) dan memutuskan untuk menjadi profesional. Angka yang disodorkan pihak BAM tidak tanggung-tanggung yakni senilai Rp3,4 miliar untuk tunggal putra peringkat tujuh dunia tersebut.

Artinya jika dikalkulasikan, Zii Jia mendapat gaji sebesar Rp283 juta setiap bulannya jika tetap bertahan di pelatnas Malaysia. Namun, pemain 23 tahun itu sepertinya sudah mantap dengan pilihannya untuk berkarier sebagai pemain profesional.

Tingginya tawaran gaji yang disodorkan BAM untuk Zii Jia membuat banyak pihak penasaran, berapa sih gaji yang didapat para pemain di Pelatnas PBSI? Broto Happy selaku Kepala Humas PP PBSI pun menjawab pertanyaan tersebut.

"Pemain pelatnas tidak digaji," ujar Broto Happy saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (25/1/2022).

"Pendapatan dari kontrak sponsor, prize money, bonus. Juga khusus sebagian pemain yang sudah ngetop dari iklan," lanjutnya.

Berdasarkan pernyataan resmi dari Humas PBSI, atlet yang bernaung di pelatnas Cipayung tidak digaji. Tapi mereka memiliki pendapatan dari kontrak sponsor, prize money dan bonus.

Tapi jangan salah, angka yang didapat atlet-atlet Indonesia juga tidak kalah besar. Terlebih bagi mereka yang sudah punya nama besar dari prestasi dan pencapaian selama ini.

Sekadar diketahui, pemain level A atau yang masuk dalam 10 besar punya value kontrak lebih dari Rp1 miliar dalam setahun. Sedangkan pemain level B atau mereka yang berada di rangking 11 hingga 20 punya value kontrak sekitar Rp500 juta .

Bahkan pemain bulu tangkis yang belum memiliki nama bisa punya kontrak value sebesar Rp25 juta per tahun. Nominal tersebut belum termasuk hadiah dari berbagai pihak yang memberikan setelah menjuarai suatu turnamen. Jadi, sudah bisa dikira-kira ya berapa pendapatan pebulu tangkis Indonesia.