Mohan Beri Sinyal Kembali Lakukan Mutasi

MATARAM-Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana segera melakukan pengisian kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lowong dan rotasi. “Hasil uji kompetensi (Ukom) sudah kita terima. Kalau endak minggu ini, minggu depan mutasi,” kata orang nomor satu di Kota Mataram ini, kemarin (22/6).

Saat ini kata Mohan, pihaknya sedang melakukan pengkajian untuk menetapkan siapa yang akan mengisi dan posisinya dimana. Selain itu juga soal waktu untuk melakukan rotasi. “Kita akan melakukan mutasi secepatnya,” tegas pria yang juga menjabat ketua DPD Golkar NTB ini.

Ditanya soal ada lobi-lobian pejabat agar bisa dipertahankan, Mohan mengatakan, dirinya sudah tutup pintu. Namun yang jelas penempatan kepala OPD merupakan hak prerogatif Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan dirinya sebagai kepala daerah. “Tapi yang jelas hasil uji kompetensi menjadi pertimbangan untuk melakukan rotasi,” tuturnya.

Dia mengatakan, perombakan kepala OPD cukup penting. Apalagi sifatnya mendesak karena ada beberapa kepala OPD lowong karena ditinggal pensiun. Jadi kata dia, jabatan lowong harus segera diisi, terutama Dinas Petanian karena mewabahnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sekarang ini. “Kalau yang lain sifatnya hanya pergeseran saja,” jelasnya.

Ditanya soal pejabat yang bekerja dibalik meja atau pandai berteori, Mohan menuturkan, para pejabat sudah bekerja. Bahkan dari hasil uji kompetensi sudah memenuhi standar sesuai dengan jabatan masing-masing. Tapi ada kebutuhan lain yang akan diupayakan supaya kerja lebih cepat dan inovatif. “Kita juga tidak ingin OPD terlalu lama lowong. Jadi ini harus segera diisi,” pungkasnya.

Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito sudah menyerahkan hasil uji kompetensi kepada wali kota. Sekarang ini kata dia, hasil uji kompetensi sudah ada di wali kota sebagai pertimbangan untuk melakukan rotasi dan pengisian jabatan OPD lowong. “Kalau kapan pastinya mutasi ini tergantung pak wali,” pungkasnya. (jay/r3)