Omicron di Eropa, Amerika dan Afrika Mulai Melandai, Luhut: Asia Justru Meningkat!
Omicron di Eropa, Amerika dan Afrika Mulai Melandai, Luhut: Asia Justru Meningkat!

IDXChannel - Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah terus memonitor perkembangan kasus Omicron di negara lain. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

“Berkaca pada kasus dan pola Covid-19 di negara lain adalah salah satu cara kami untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi ke depan,” katanya, Minggu (16/1/202).

Luhut menyebut di sejumlah negara kasus Covid-19 mulai melandai seperti Amerika, Eropa dan Afrika. Sementara di Asia masih terjadi peningkatan.

“Hari ini di Inggris dan Afrika Selatan telah melewati puncak kasus varian Omicron. Dan negara-negara lainnya juga sudah mulai terlihat flateing. Seperti di Amerika Serikat atau Prancis. Namun di belahan Asia seperti India, Thailand, Filipina masih terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi,” tuturnya.

Selain itu dia mengatakan meski gejala lebih ringan dan risiko perawatan rumah sakit lebih rendah tapi angka kematian dan perawatan di Inggris cukup tinggi.

“Tapi karena jumlah kasus lebih banyak dari delta, jumlah perawatan rumah sakit dan tingkat kematian di Inggris telah lebih tinggi dari varian Delta. Nah hal ini harus kita hindari,” ungkapnya.

Di Indonesia pun kasus menunjukkan kenaikan. Bahkan per 15 Januari 2022 lalu kasus Covid-19 sudah menyentuh 1.054 kasus.

“Terakhir kita mencapai angka tersebut pada tanggal 11 Oktober 2021 yang lalu. Tapi sore ini, hari ini juga menurun kembali dibawah 1000 yaitu 800 sekian,” pungkasnya.

(NDA)