Lagu game ikonik

Sepanjang sejarahnya, lagu telah berperan penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya, termasuk dalam perindustrian video game. Seperti yang kita ketahui, berbagai composer terus mengejutkan semua penyuka game dengan lagu ciptaannya yang pada akhirnya menjadi ikonik.

  • Warner Bros Akhirnya Rilis Trailer Cinematic MultiVersus!
  • Fall Guys Akan Jadi Free to Play Saat Rilis di Xbox & Switch Juni 2022

Konteks ikonik yang dimaksud pada paragraf di atas adalah bagaimana berbagai lagu game tersebut menjadi memorable dan akan langsung kita kenali sekalipun kita baru mendengar 3-5 detik pertama dari lagunya.

Nah, berikut ini adalah 7 lagu game paling ikonik menurut UP Station:

1. Super Mario Bros Theme – Super Mario Bros.

Mainkanlah beberapa not pertama dari Super Mario Bros Theme untuk siapapun, dan UP Station berani jamin bahwa mereka tahu dari mana asal lagunya. Telah diaransemen ulang untuk berbagai judul game Mario lainnya, setiap variasinya memiliki keunikan masing-masing.

Ini sangat menyenangkan untuk didengarkan, berhubung lagunya memiliki sifat yang ceria. Kamu pasti bisa merasakannya setiap kali kamu membuat Mario melompat dalam game-nya. Walaupun game-nya sangat sederhana, musik ini berhasil membuat permainan dapat dinikmati dengan maksimal.

2. Green Hill Zone Theme – Sonic the Hedgehog

Ini adalah salah satu musik terpenting dan paling ikonik dalam sejarah video game Sonic. Irama Green Hill Zone theme ini begitu mudah diingat, bahkan ada yang mengatakan kalau ini lebih dikenali daripada game-nya sendiri. Uniknya, musik ini berasal dari level/stage paling pertama dalam permainannya.

Lagunya bahkan tetap populer selama 31 tahun terakhir sejak rilis pertamanya di tahun 1991. Disusun oleh Masato Nakamura, lagu ini akhirnya telah mendapatkan liriknya pada tahun 2021 yang diciptakan band J-Pop bernama Dreams Come True. Sepertinya, lagu klasik ini telah sukses besar menanamkan akarnya di hati setiap pendengarnya.

3. Pokemon Title Theme – Franchise game Pokemon

Kita semua pasti bisa melihat dan merasakan dampak dari franchise Pokemon yang terus menerus menciptakan fenomena luar biasa di seluruh dunia. Telah menelurkan begitu banyak game, spinoff, serial anime, TCG, dan film layar lebar, Game Freak (developer) telah mencetak jackpot besar sejak mereka mengembangkannya.

Seperti kebanyakan game yang menelurkan banyak sekuel, Pokemon pun memiliki lagu pembukaannya. Itu telah digunakan di seluruh installment game-nya, yang akan selalu dapat kita dengarkan ketika kita memasuki halaman judul permainannya. Ini pun beberapa kali digunakan sebagai BGM pada adegan intro dari setiap episode animenya.

4. Final Fantasy – Franchise Final Fantasy

Ada alasan mengapa banyak orang menulis “ayo berdiri dan hormati lagu kebangsaan JRPG ini,” ketika mendengarkan Final Fantasy. Berasal dari salah satu franchise game yang paling tua, ada sejumlah emosi yang muncul ketika mendengarkannya.

Sebagai seri yang terus berkembang, Final Fantasy sebenarnya memiliki begitu banyak pilihan lagu yang memorable. Namun, ada sesuatu tentang judul lagu yang satu ini, di mana itu terasa dengan tepat menjelaskan semua serinya ketika didengarkan.

Ini adalah lagu yang akan menghidupkan kembali kenangan masa lalu dari mereka yang telah memainkan franchise Final Fantasy sepanjang hidupnya. Komposernya, Nobuo Uematsu, adalah raksasa di industri gaming yang pasti dikenal oleh banyak orang. Ini hanyalah satu dari sekian banyak masterpiece Uematsu.

5. Dearly Beloved – Franchise Kingdom Hearts

Sama seperti lagu-lagu lainnya di daftar ini, Dearly Beloved dari seri Kingdom Hearts telah ada sejak installment pertamanya dan terus digunakan pada seluruh sekuelnya.

Ini adalah lagu yang menyambut pemain setiap kali mereka memulai permainannya. Ada pun lagunya diciptakan oleh Yoko Shimomura yang memiliki pengaruh besar dalam industri gaming layaknya Nobuo Uematsu.

Shimomura sendiri telah berulang kali mengaransemen dan mengembangkan Dearly Beloved untuk sekuel Kingdom Hearts lainnya. Alhasil, sulit untuk menentukan versi mana yang terbaik.

Hebatnya, setelah bertahun-tahun,Dearly Beloved masih berhasil menangkap penggemar baru dan lama untuk franchise tersebut. Kira-kira, seperti apa ya Dearly Beloved di Kingdom Hearts IV yang akan datang?

6. BotW Main Theme – The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Dibanding judul lainnya di daftar ini, Main Theme dariZelda BotW masih terbilang sangat baru. Mungkin banyak dari kamu yang merasa bahwa judul game Zelda lainnya memiliki lagu yang lebih layak di daftar ini.

Namun, UP Station berpendapat lain. Sebenarnya untuk mengungkapkan betapa menakjubkannya main theme ini cukup sulit. Bisa disimpulkan bahwa komposisinya terbilang sangat berani dan dramatis.

Kita juga bisa mendengar bagaimana lagunya melalui begitu banyak perubahan kunci dan elemen harmonik yang tidak umum. Untungnya, itu tetap disatukan oleh melodi yang konsisten.

Yang paling penting, lagunya berhasil dengan jelas menggambarkan dunia dan kisah Breath of the Wild yang dipenuhi petualangan epic, memesona, mendebarkan, serta menghancurkan hati. Bagaimana ya score lagu dari sekuelnya yang ditunda?

7. Type A – Tetris

Tidak banyak lagu game klasik yang memiliki asal-usul lagu permainannya dari pertengahan abad ke-19. Namun, lagu Type A dari Tetris memiliki sejarah yang unik. Berdasarkan lagu rakyat Rusia berjudul Korobeiniki, lagu tersebut diaransemen ulang untuk Tetris di Nintendo Game Boy.

Alasan mengapa lagunya begitu diingat oleh para penggemarnya hingga hari ini pun sangat jelas. Bersama nadanya yang catchy, Type A tetap berhasil memberi rasa urgensi, yang akan mulai dirasakan para pemain ketika kesulitan permainannya meningkat. Terlepas dari sejarahnya, lagu ini telah melekat kuat dengan Tetris sehingga tidak mungkin diubah.

***

Itu dia seluruh lagu game paling ikonik menurut UP Station. Untuk memilih ketujuh judul ini sangatlah sulit, berhubung ada banyak judul lainnya yang juga mengesankan.

Industri gaming pun masih terus berkembang dan menghasilkan berbagai lagu masterpiece lainnya. Apakah suatu hari salah satu judul di daftar ini akan tergeser oleh lagu yang lebih baru?

Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

The post 7 Lagu Game Paling Ikonik, Nomor Satu Pasti Pernah Dengar! appeared first on UP Station.