Makanan pemicu kolesterol (Foto: eatthis)
Makanan pemicu kolesterol (Foto: eatthis)

JAKARTA, SIAPGRAK.COM - Memilih makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari menjadi pilihan tepat di masa pandemi. Apalagi jika memiliki kolesterol, tentu Anda harus disiplin menjaga makanan.

Perlu diketahui, kolesterol menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami masyarakat. Menurut American Heart Association, satu dari tiga orang Amerika Serikat (AS), atau 38 persen dari populasi, mengidap kolesterol tinggi. 

Salah satu hal yang menjadi masalah adalah kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Banyak orang tidak mengetahui kolesterol mereka terlalu tinggi sebelum melakukan tes darah.

Ahli Diet, Danielle McAvoy mengatakan, serat memiliki banyak manfaat. Serat dapat mengikat kelebihan kolesterol dan membersihkannya dari aliran darah. Menurutnya, orang dengan kolesterol tinggi harus berusaha ekstra mendapatkan serat yang direkomendasikan 25 hingga 30 gram per hari.

Meningkatnya kolesterol ini dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Merangkum dari Eat This, berikut kebiasaan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dirangkum Jumat (14/1/2022).

1. Konsumsi makanan yang sudah diproses

Mengonsumsi semangkuk sereal sarapan di pagi hari. Sekaleng soda saat makan siang, diakhiri dengan satu atau dua permen pencuci mulut, bisa berdampak pada kolesterol. Banyak makanan olahan yang dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi.

2. Makanan kemasan

Biskuit, granola bar, dan makanan yang dipanggang memang nikmat, tetapi makanan ini tidak memiliki nutrisi. McAvoy mengatakan, makanan ini sering memiliki minyak terhidrogenasi yang ditambahkan untuk memperpanjang umur simpan. Banyak dari minyak ini adalah dari jenis jenuh, yang telah dikaitkan dengan tingkat LDL yang tinggi.

3. Makanan digoreng

Minyak yang biasanya digunakan untuk menggoreng makanan, seperti minyak kacang dan minyak sayur, biasanya mengandung lemak trans tinggi, yang terkenal sebagai peningkat kolesterol.

Spesialis Obesitas dan Direktur Klinik Manajemen Berat Badan di Michigan Medicine, Amy E. Rothberg, MD, PhD mengatakan, makanan yang digoreng adalah makanan yang paling buruk untuk kolesterol.

"Mengukus, memanggang, dan memanggang jauh lebih aman daripada menggoreng," kata Amy.

4. Alkohol

Memerhatikan konsumsi alkohol jika Anda adalah seorang peminum. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung dan meningkatkan kadar HDL.

Jika meminumnya secara berlebihan, alkohol memiliki efek sebaliknya pada kolesterol. Bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar trigliserida.