Nagita Slavina, Raffi Ahmad, dan anak kedua mereka.

 

GridHEALTH.id - Nagita Slavina beberapa hari lalu baru saja melahirkan anak keduanya dengan cara sesar.

Nah, jika istri dari Raffi Ahmad tersebut ingin hamil kembali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebab tidak serta merta Gigi, begitu dirinya biasa disapa, setelah sesar bisa segera hamil kembali.

Sebab ibu setelah melahirkan sesar secara umum sebaiknya menunggu 18 hingga 23 bulan ke depan untuk kembali hamil.

Apabila saat ini usia ibu berada di pertengahan 30an, rentang aman untuk hamil lagi setelah operasi sesar akan lebih singkat, yaitu sembilan sampai 12 bulan.

Penyebabnya karena untuk wanita di atas 35 tahun, peluangnya untuk hamil lagi akan menurun seiring meningkatnya usia.

Baca Juga: Punya Penyakit Jantung, 6 Makanan Ini Bisa Menurunkan Risiko

Memang ibu usai sesar harus menunggu lama untuk bisa kembali hamil, sebab perlu waktu agar tubuh bisa pulih serta mengembalikan gizi yang terkuras.

Setelah sesar bisa jadi menderita anemia akibat hilangnya zat besi yang telah diberikan kepada bayi dan juga plasenta di sepanjang kehamilan, serta darah yang keluar selama proses persalinan.

Untuk diketahui, ibu yang melahirkan lewat operasi sesar cenderung kehilangan darah hingga dua kali lipat—rata-rata sebanyak dua liter—dibandingkan wanita yang melahirkan secara normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang kembali hamil kurang dari enam bulan setelah melahirkan ada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi, seperti ruptur upteri, kelahiran prematur, atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Andaikan ibu telah hamil setelah sesar sebelum mencapai masa tenggang 18 bulan, jangan langsung panik.

Baca Juga: Masyarakat Pilih-pilih Vaksin, Khawatir Target Vaksinasi Akhir Tahun Tak Tercapai

Rentang minimal 18 bulan antarkehamilan merupakan panduan yang dirancang untuk mengurangi risiko komplikasi, tapi banyak wanita yang sudah hamil sebelum melewati waktu minimal itu dan kehamilannya baik-baik saja.

Yang sebaiknya diingat, rentang aman untuk hamil lagi setelah operasi sesar bisa berbeda dari satu wanita ke wanita lain, jadi bicarakanlah rencana kehamilan untuk memiliki anak kedua dengan dokter atau bidan.(*)