Abu Vulkanik Gunung Semeru Tidak Mengarah ke Malang (FOTO: MNC Media)
Abu Vulkanik Gunung Semeru Tidak Mengarah ke Malang (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Erupsi Gunung Semeru  yang terjadi pukul 15.00 WIB belum terlihat di Malang, Jawa Timur. Dipastikan abu vulkanik tidak mengarah ke Kabupaten Malang.

Terlihat langit di barat Malang arah Gunung Semeru memang tertutup mendung dan kabut, pada Sabtu sore (4/12/2021). Penglihatan pun tak begitu tampak, namun tidak ada dampak abu vulkanik yang mengarah ke wilayah Kota Malang dan sekitarnya.

Camat Ampelgading Achmad Sovie memastikan di wilayahnya dampak abu vulkanik di Kabupaten Malang tidak terlalu signifikan, meski Kecamatan Ampelgading merupakan wilayah yang terdekat dari area Gunung Semeru. Mengingat arah angin menuju barat Gunung Semeru, bukan ke arah timur.

"Kondisi di Kabupaten Malang aman, tadi memang sempat ada abu vulkaniknya, di awal tapi hanya sedikit sekarang sudah hilang," ucap Sovie saat dikonfirmasi MNC Portal, pada Sabtu sore.

Pihaknya juga menyebut erupsi Gunung Semeru tidak terlalu terdengar dan terlihat di Ampelgading, Kabupaten Malang. "Tidak kedengaran, juga tidak terlihat. Kalau angin mengarahnya ke barat. Jadi ini di Kabupaten Malang aman," ungkapnya.

Sementara itu  Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat menyatakan, berdasarkan laporan sementara, ada awan panas guguran yang meluncur dari gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Ada awan panas guguran, dan masyarakat yang ada di bawah (Gunung Semeru) diminta waspada," kata Sarif.

Sarif menambahkan, masyarakat khususnya yang berada di wilayah atau area yang berdekatan dengan aliran sungai, diminta untuk hati-hati dan waspada. Gunung Semeru dilaporkan mengalami erupsi dan mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu.

"Untuk masyarakat terutama yang berdekan dengan sungai, diminta hati-hati dan waspada," tutupnya. (RAMA)