Elon Musk Rencana Investasi ke RI, Kemudahan Berbisnis Perlu Didorong

SIAPGRAK.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad meminta agar pemerintah memperbaiki peringkat Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business/EoDB). Sebab, itu berguna untuk mempermudah iklim berbisnis di dalam negeri.

Salah satunya adalah menindaklanjuti langkah konkret terdekat yang dapat dilakukan pasca lawatan Presiden Joko Widodo dengan founder SpaceX USA, Elon Musk. Dengan begitu, strategi diplomasi ekonomi tersebut dapat sejalan dengan peningkatan investasi Indonesia.

“Strategi diplomasi ekonomi Presiden Jokowi ke AS, harus disertai dengan peningkatan Ease of Doing Business (EoDB). Kita perlu naik kelas,” jelas dia kepada wartawan, Jumat (20/5).

Saat ini EoDB Indonesia berada di peringkat 73 atau masih di bawah Singapura di posisi kedua, Malaysia di posisi ke-12 dan Vietnam di posisi ke-70. Di sisi lain, target investasi Indonesia tahun ini mencapai Rp 1.200 triliun, oleh karenanya itu hal ini haru didorong dengan EoDB yang baik.

“Kunci peningkatan EoDB ini ada empat setidaknya. Peningkatan pada layanan memulai bisnis (starting business), pengurusan izin (dealing with construction permit), pendaftaran aset (registering property), serta pelaksanaan kontrak (enforcing contracts),” imbuhnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/5). Dalam kunjungan itu, Jokowi turut mengundang Elon Musk, sang pendiri Space X untuk datang ke Indonesia.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ucap Presiden Jokowi dikutip, Minggu (15/4).

“Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia,” sambung dia.

Elon Musk dalam kesempatan yang sama mengatakan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif. “Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar Elon.