5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Rambut rontok dan ketombe adalah dua permasalahan umum yang sering dialami orang. Ketombe bisa terjadi karena kulit kepala kering yang kemudian menyebabkan gatal sehingga seringnya orang menggaruk kulit kepala juga menyebabkan kerontokan. Apabila tidak dirawat secara benar, ketombe dan rambut rontok akan membuat rambut tipis dan seseorang mengalami kebotakan dini.

Lalu apakah ada cara mengatasinya? Tentu berbagai perawatan kini sudah tersedia untuk mengatasi dua permasalahan tersebut yang bisa kamu pilih sesuai preferensi. Kali ini Popbela akan memberitahu 5 cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara alami, penasaran bagaimana? Baca artikel sampai habis!

1. Keramas dengan Daun Mimba

Daun mimba atau neem memang sudah terkenal sebagai tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya, daun mimba dapat mengatasi ketombe dan kerontokan rambut. Rebus 2 genggam daun mimba dengan 4-5 gelas air kemudian biarkan semalaman.

Nah, di pagi hari, gunakan daun mimba untuk keramas lalu diamkan cairan daun mimba selama satu jam agar meresap ke kulit kepala. Lakukan keramas dengan daun mimba seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Masker dengan Teh Hijau dan Cuka Putih

Teh hijau yang kaya akan antioksidan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala sehingga tidak muncul ketombe lagi. Padukan teh hijau, peppermint oil dan cuka putih untuk digunakan sebagai masker.

Setelah mengoleskan masker, diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat cuci rambut dengan shampoo dan juga gunakan conditioner agar helai rambut lebih lembut.

3. Masker Telur

Telur yang kaya akan protein ternyata berguna untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa menggunakan masker telur untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Caranya adalah pisahkan putih telur kemudian campurkan dengan minyak zaitun dan madu, kocok hingga rata.

Setelah mendapatkan tekstur masker sesuai, oleskan pada kulit kepala dan helai rambut mulai dari akarnya. Setelah 20 menit jangan lupa bilas rambut dengan air hangat kemudian menggunakanshampoo. Selain mengatasi ketombe dan rambut rontok, masker telur dapat membuat penampilan rambut lebih berkilau. Mau coba, Bela?

4. Jus Lemon

Kandungan antioksidan pada lemon cukup tinggi sehingga dapat membantu merawat kulit kepala sehingga lebih sehat bebas ketombe dan rambut rontok. Pijatkan dua potongan lemon kepada kulit kepala diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ritual ini seminggu sekali dan gunakan shampoo yang sesuai jenis rambut untuk memaksimalkan perawatan.

5. Masker Lidah Buaya

Tidak hanya menutrisi kulit kepala sehingga mengatasi ketombe dan rambut rontok, lidah buaya juga mampu membuat rambut menjadi lebih tebal. Oleskan cairan lidah buaya sebagai masker untuk kulit rambut dan kulit kepala seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.