Ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan
Ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan

SIAPGRAK.COM – Korea Selatan akhirnya mengakhiri puasa gelar Piala Uber setelah keluar sebagai juara di edisi 2022. Mereka memastikan gelar tersebut usai menumbangkan China lewat duel ketat sebanyak lima partai dengan skor 3-2 dalam duel di Impact Arena, Sabtu 14 Mei 2022.

Ini menjadi gelar kedua Korsel di Piala Uber. Mereka terakhir kali merengkuh supremasi tertinggi pada bulutangkis beregu wanita ini pada 2010 atau 12 tahun silam.

Korsel memulai "perang" dengan China lewat tunggal putri andalannya, An Seyoung. Dia menghadapi unggulan Negeri Tirai Bambu, Chen Yu Fei.

An Seyoung sejatinya mampu memulai langkahnya dengan baik setelah merebut gim pertama 21-17. Sayang, dia gagal mempertahankan performa positifnya dan tumbang di dua gim tersisa.

Chen Yu Fei mendulang kemenangan 21-15 dan 22-20 serta membawa China memimpin 1-0 setelah melalui duel melelahkan selama 91 menit.

Beruntung, kekalahan An Seyoung mampu dibalaskan dengan baik oleh ganda putri Lee Sohee/Shin Seungchan. Menghadapi unggulan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, wakil Korsel itu tampil baik meski harus melewati rubber game.

Setelah perjuangan selama 78 menit, Lee/Shin akhirnya menang meski sempat tertinggal di gim pertama, 12-21, 21-18, dan 21-18. Skor imbang 1-1.

China kembali memimpin 2-1 di partai ketiga setelah He Bing Jiao bisa menang mudah atas Kim Gaeun. Bing Jiao hanya butuh straight game 21-12 dan 21-13 dalam duel selama 43 menit.

Wakil Negeri Ginseng itu lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan lewat ganda putri. Kali ini poin disumbangkan oleh pasangan Kim Hye Jeong/Kong Heeyong.

Kim/Kong mampu mengandaskan perlawanan Huang Dong Ping/Li Wen Mei 22-20 dan 21-17. Skor 2-2 membuat pemenang harus ditentukan pada partai pamungkas.

Dua pebulutangkis muda, Sim Yujin dan Wang Zhi Yi berhadapan di laga penentuan. Terbukti, pertarungan berjalan sangat sengit dan panas.

Skor gim pertama saja mencapai 28-26 untuk kemenangan Yujin. Wang kemudian membalasnya di gim kedua setelah mendulang kemenangan 21-18.

Beruntung bagi Korsel, Yujin bermain sangat baik di gim kedua. Dia tanpa lelah mengejar shuttlecock demi mewujudkan mimpi merengkuh juara.

Usahanya ternyata tak sia-sia. Yujin tampil sangat dominan di gim ketiga dan menang dengan skor meyakinkan 21-8.

Kemenangan Yujin sekaligus memastikan gelar juara Piala Uber 2022 jatuh ke tangan Korsel. Mereka berhasil mematahkan dominasi China dalam empat edisi terakhir di mana Negeri Tirai Bambu selalu keluar sebagai juara.