Klarifikasi Negara soal Tzuyu TWICE Masuk Daftar Hitam Artis China
Klarifikasi Negara soal Tzuyu TWICE Masuk Daftar Hitam Artis China

ZIGI – Tzuyu TWICE heboh dikabarkan masuk dalam daftar hitam 47 artis China. Hal ini berdasarkan daftar yang tersebar di media sosial. Di mana, artis-artis dalam daftar itu disebut tidak lagi memiliki peluang untuk berkarier di China daratan.

Terkait hal ini, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China dengan cepat memberikan klarifikasi. Apa kata Kementerian soal daftar hitam yang memasukkan nama Tzuyu TWICE tersebut? Scroll artikel berikut ini untuk penjelasannya ya!

Tzuyu TWICE Diduga Masuk Daftar Hitam

Daftar Hitam Artis China

Photo : KBIZoom Daftar Hitam Artis China

Dilansir Zigi.id dari KBIZoom, Rabu, 13 Oktober 2021, netizen dikejutkan dengan beredarnya daftar hitam berisi nama 47 selebriti China. Artis-artis itu diantaranya terlibat dalam sejumlah skandal. Seperti Liu Xiaoqing yang terseret penggelapan pajak.

Kemudian ada nama Jaycee Chan, Ning Caishen, Zhang Mo, Gao Hu dan Yin Xiangjie yang diduga terlibat penyalahgunaan narkoba. Setelahnya, ada nama Li Xiaolu, Michael Chen, Bai Bai He, Chen Sicheng, Andy Zhang, Edison Chen yang terseret skandal perselingkuhan.

Yang lebih mengejutkan, ada nama Tzuyu TWICE di daftar hitam yang tersebar pada 12 Oktober 2021 itu. Tentu saja, kejadian ini berpengaruh pada reputasinya. Sebelumnya pada Agustus 2021, sempat pula terdengar desas-desus yang berisi nama Tzuyu menyebar.

Tahun 2021 ini memang menjadi tahun yang mengejutkan bagi industri hiburan Tiongkok karena sejumlah artis terus menerus dilarang tampil karena berbagai alasan. Pemerintah Tiongkok kini juga membuat aturan ketat untuk fandom K-Pop di negaranya.

Klarifikasi Kementerian China

Tzuyu twice

Photo : Ig/@twicetagram Tzuyu twice

Seiring dengan beredarnya daftar hitam yang memuat nama 47 artis tersebut, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China dengan cepat mengoreksi bahwa daftar hitam yang beredar baru-baru ini tidak ada alias hanyalah rumor belaka. 

Daftar tersebut tidak secara resmi diterbitkan oleh Kementerian dan belum ada pengumuman dari Administrasi Radio dan Televisi Nasional China. Meski begitu, fandom K-Pop cukup kebingungan mengapa nama Tzuyu terus-menerus disebutkan di daftar hitam artis tersebut.

Mereka pun menduga hal ini berkaitan dengan skandal yang menimpa Tzuyu TWICE di tahun 2016 lalu. Ketika itu, artis asuhan JYP Entertainment ini menimbulkan kemarahan penggemar Tiongkok karena dia kedapatan memegang bendera Taiwan dalam sebuah acara. 

Karena kejadian ini, penampilan TWICE di Tiongkok daratan sampai dibatalkan. Iklan yang dibintangi Tzuyu TWICE juga dicabut. Bahkan beberapa portal menghapus lagu artis JYP dari penyimpanan musik mereka. Sampai akhirnya, Tzuyu menyampaikan permintaan maaf melalui sebuah video.

Sejak itu, nama Tzuyu TWICE hampir tidak pernah muncul di platform media sosial di Tiongkok. Tapi namanya kerap dimasukkan dalam daftar hitam. Terlepas dari itu, skandal tersebut tidak terlalu mempengaruhi aktivitas Tzuyu, karena TWICE fokus di pasar musik Korea dan Jepang.