Imbas Kekalahan Indonesia di SEA Games 2021, Instagram Blacklist International Dihujani Hate Comments
Akibat kekalahan tim Indonesia dalam ajang Mobile Legends di SEA Games 2021, banyak sekali hujatan yang diterima oleh tim Filipina dari netizen Indonesia.

Perjalanan tim Indonesia dalam ajangMobile Legends di SEA Games 2021 akhirnya harus terhenti. Tim merah putih harus puas dengan medali perak, setelah dikalahkan Filipina dalam babak final dengan skor 3-1 hari ini (20/5).

Rivalitas antara tim Indonesia dengan Filipina sudah dimulai sejak SEA Games 2019 yang lalu. Kala itu timnas Indonesia juga harus puas dengan medali perak, setelah ditaklukkan oleh Filipina pada babak final.

Panasnya persaingan antara kedua negara tersebut, tidak hanya terjadi di dalam lapangan tetapi juga terjadi di luar lapangan. Apalagi ditambah dengan fanatisme suporter yang sedikit berlebihan, kekalahan Indonesia memiliki dampak yang melebar ke mana-mana.

Satu pihak yang terkena dampak negatif tersebut adalah Blacklist International. Tim esports yang berasal dari Filipina itu dihujani oleh hate comments dari para warga internet, yang tidak menerima kekalahan timnas Indonesia.

Hujatan yang diterima oleh media sosial milik Blacklist International dikarenakan seluruh pemain tim Filipina, diisi oleh pemain yang memperkuat tim tersebut. Komentar pedas dari warga net Indonesia, mayoritas berkutat seputar insiden pause yang terjadi pada pertandingan final tersebut.

Instagram milik MPL Filipina juga turut diserang akibat kekalahan Indonesia di SEA Games. Via Istimewa.

Tidak hanya sosial media Blacklist International yang diserbu oleh warga internet Indonesia, Instagram dari MPL Filipina juga tidak luput dari "serangan". Bahkan pihak MPL Filipina sampai harus menutup sementara akun Instagram mereka, demi menghindari "serangan" dari para warga internet asal Indonesia.

Kejadian tersebut tentunya mencoreng nama baik Indonesia. Biar bagaimanapun menang dan kalah dalam pertandingan, adalah hal yang biasa terjadi. Tidak hanya mendukung pemain yang berlaga di lapangan, supporter tentunya juga harus menghormati seluruh pemain yang turut berlaga, termasuk juga pemain dari tim lawan.

Ini bukan kali pertama supporter Indonesia menyerang Instagram imbas kalah. November 2021, akun Instagram tim Blacklist International juga kena spam dan akhirnya hilang setelah RRQ Hoshi kalah di MPL Invitational 2021.

Sebelum Instagram Blacklist International hilang akun @meme.mpl sempat mengangkap komentar para provokator yang memulai ajakan report. Ternyata, setelah diselidiki oleh admin @meme.mpl para provokator tersebut tidak mengikuti akun @teamrrq.

***

Jangan lupa untuk terus kunjungi KINCIR, untuk mendapatkan berita terbaru seputar jalannya pertandingan esports yang berlangsung di SEA Games 2021!