Petugas Kebersihan Temukan Sepasang Piton di Dekat Kamar Mayat RSPA

BOYOLALI – Petugas kebersihan kamar mayat di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSPA), Boyolali dikejutkan dua ular piton di jurang kompleks rumah sakit tersebut, Rabu (22/6) malam. Lokasi tersebut berbatasan langsung dengan tempat dia bertugas.

Dua ekor piton ini diduga sepasang. Panjangnya sekitar 3 sampai 4 meter. Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Gembong Suroto mengatakan, penemuan sekitar pukul 20.00. Diduga masih ada lagi yang bersembunyi.

”Karena diperkirakan sarangnya ada di sekitar situ. Lokasinya di jurang bawah jembatan, dekat kamar mayat RSPA. Sebenarnya tempatnya itu nggak runggut (Lebat,red), bersih. Tapi memang sering evakuasi di situ,” jelasnya, Kamis (23/6).

Temuan ini termasuk yang paling besar. Karena sebelumnya, sudah berkali-kali melakukan evakuasi ular jenis piton di sekitar lokasi tersebut. Paling hanya berkisar panjang 2 meter. Biasanya ditemukan di sepanjang jurang dari jembatan paviliun sampai kamar mayat. Atau sepanjang 50 meter. Kali ini ular piton yang ditemukan memiliki panjang lebih dari 3 meter dan 4,1 meter.

”Penemuan ular piton tersebut pertama kali diketahui petugas cleaning servis rumah sakit. Saat itu, sudah petang, dia sedang bersih-bersih di atas jembatan jurang tersebut. Tapi, saat melongok ke jurang, kok dedaunannya bergerak-gerak,” terangnya.

Karena penasaran, petugas tersebut langsung mengecek dengan penerangan. Tak disangka, ular berukuran cukup besar tersebut nangkring di antara dedaunan. Hal ini langsung dilaporkan pada pihak RSPA dan diteruskan ke BPBD Boyolali. TRC BPBD bersama damkar dan Snake Rescue Boyolali langsung menuju ke lokasi untuk mengevakuasi dua ular piton tersebut.

”Tim gabungan langsung turun ke bawah jurang. Posisinya satu di atas cor-coran, satunya lagi di kubangan air. Tim langsung evakuasi yang di air itu. Evakuasi berlangsung selama 10 menit,” terangnya.

Kedua ular dibawa ke Omah Ular, Kartasura, Sukoharjo yang memiliki kandang yang cukup besar. (rgl/adi/dam)