Penjaga gawang Bayern Munich Jerman Manuel Neuer (kiri) dan penyerang Norwegia Dortmund Erling Braut Haaland bersaing memperebutkan bola selama pertandingan sepak bola divisi pertama Bundesliga Jerman antara BVB Borussia Dortmund dan FC Bayern Munich di Stadion Signal Iduna Park di Dortmund, Jerman barat, pada November. 7, 2020. Martin Meissner / POOL / AFP

SIAPGRAK.COM - Erling Haaland mulai gerah dengan tekanan yang diberikan Borussia Dortmund mengenai masa depannya bersama raksasa Jerman itu.

Erling Haaland mengungkapkan hal itu setelah mengantar Dortmund mengalahkan Freiburg dengan skor telak 5-1 pada laga pekan ke-19 Bundesliga, Sabtu (15/1/2022).

Haaland menjadi aktor penting kemenangan Dortmund atas Freiburg dengan torehan dua gol yang dicetak pada menit ke-45+1 dan 75'.

Seusai laga, ia memberi pernyataan bahwa keputusan akan masa depannya bersama Dortmund akan ia ambil dalam waktu dekat ini.

DORTMUND, JERMAN - 15 DESEMBER: Erling Haaland dari Borussia Dortmund merayakan gol pertamanya dalam pertandingan Bundesliga antara Borussia Dortmund dan SpVgg Greuther Fürth di Signal Iduna Park pada 15 Desember 2021 di Dortmund, Jerman. (Foto oleh Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) (Dean Mouhtaropoulos / GETTY IMAGES EROPA / Getty Images via AFP)

SIAPGRAK.COM

"Dalam enam bulan terakhir, saya memilih tidak berbicara (soal ia akan hengkang atau tidak) untuk menghormati Dortmund dan para fans," kata Haaland dilansirPlay Football

"Namun, Dortmund sekarang mulai menekan saya untuk membuat keputusan untuk masa depan saya," lanjutnya.

Ya, nama Erling Haaland memang menjadi rebutan tim-tim raksasa Eropa di bursa transfer Januari ini.

Khususnya dua tim raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid dikabarkan begitu serius untuk mendatangkan Erling Haaland untuk mengisi plot striker utama mereka.

Bahkan, presiden Barcelona, secara terang-terangan mengutarakan keseriusan Barcelona untuk mendatangkan Erling Haaland di Camp Nou musim ini.

"Kami (Barcelona) sedang bekerja untuk menjadi tim papan atas, segalanya akan menjadi mungkin jika kami melakukannya segala sesuatunya dengan baik," kata Laporta dilansir Sportmole.

"Dan saya yakin kami akan melakukannya (merekrut Haaland). Para pemain elite terbuka untuk bergabung dengan Barcelona, kami pasti memulihkan status kami," lanjutnya dengan yakin.

Itu dari kubu Blaugrana, di kubu sang rival abadi mereka, Real Madrid juga menyatakan minatnya untuk merekrut striker asal Norwegia tersebut.

Dilansir Sport Bible, di tengah sibuk mempersiakan perekrutan Kylian Mbappe, Los Blancos juga mengendus peluang mereka untuk memboyong Haaland ke Barnabeu.

"Real Madrid telah diberitahu bahwa Haaland ingin bergabung dengan mereka di akhir musim setelah Mbappe resmi menandatangani kontrak dengan klub tersebut, mereka akan mewujudkannya," tulis Sport Bible di Twiiter.

Ya, menarik untuk dinanti akan kemana perginya Erling Haaland setelah musim luar biasa dia bersama Brussia Dortmund.

Erling Haaland tak henti-hentinya membuat Dunia kagum lewat gelontoran gol yang ia sumbangkan untuk tim berjuluk Die Borussen itu.

Musim ini saja, striker asal Norwegia itu sukses mencetak 19 gol dari 16 pertandingan di seluruh kompetisi untuk Dortmund.

Di Bundesliga, torehan 15 gol Haaland hanya kalah dengan bintang Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

Jika dikalkulasi, torehan gol Haaland untuk Borussia Dortmund berjumlah 76 gol dari 75 pertandingan. Fantastis!

Bahkan, catatan gol Haaland di Liga Champions lebih mentereng, bahkan menungguli dua ikon sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Total, Haaland telah mencetak 23 gol dari 19 pertandingannya di Liga Champions. 

Sedangkan Lionel Messi, hanya mendulang 6 gol saja dari 17 laga pertamanya di Liga Champions.

Seorang Cristiano Ronaldo saja baru bisa mencetak gol di Liga Champions setelah menjalani 27 pertandingan.

Mantan pemain RB Salzburg ini memang terkenal sangat ambisius untuk urusan mencetak gol.

"Saya harus selalu berkembang dimanapun saya berada, saya akan menjadi pencetak gol terbanyak,"

"Jadi saya harus memperbaiki penampilan saya dan menjadi lebih baik lagi," ucap Haaland dikutip dari laman resmi Bundesliga.

Bertubuh tinggi menjulang dan berbadan kekar, tak membuat kecepatan Haaland melambat.

Ia mencatat rekor kecepatan berlari Bundesliga dengan 36,04 kilometer per jam.

Angka itu mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Alphonso Davies, yakni 35,9 km per jam.

Lewat kecepatan itulah Haaland biasa mencetak gelontoran gol selama karirnya.

Sebagian besar golnya bersama Dortmund adalah proses dari serangan cepat.

Saat menggiring bola maupun ketika bergerak tanpa bola, kecepatan yang ia miliki sama-sama mematikannya.

Ditambah postur tubuh Haaland yang tinggi besar menyulitkan pemain lawan untuk menjaga pergerakannya.

Haaland juga pandai dalam mencari celah pertahanan lawan, ia akan mencari ruang sebesar mungkin untuk dapat berlari mengejar ataupun menggiring bola.

Dengan kecepatan yang dimiliki Haaland, pelatih Brussia Dortmund, Marco Rose tau betul cara memanfaatkannya.

“Haaland adalah striker dengan kemampuan berlari yang cepat, kekuatannya juga mendukung hal itu," kata Rose dilansir dari Goal International.

Pergerakan tanpa bola dan penempatan posisi dia juga sangat baik, hal itu memberi kami banyak alternatif ketika melancarkan serangan,” tambahnya.

Dengan skema 4-3-1-2 milik Rose, Haaland ditemani pemain cepat lainnya di depan, yaitu Doney Mallen.

Sedangkat tepat dibelakang dua striker ada Marco Reus. Mallen dan Reus memiliki tugas yang sama, yaitu melayani seorang Erling Haaland.

Haaland akan menempatkan diri di antara dua atau tiga bek lawan, ia akan mencari celah lewat samping ataupun tengah.

Saat berhasil menemukan celah untuk berlari, ia mulai bergerak seiring dengan umpan terobosan yang datang mengarah kepadanya.

Marco Reus yang memiliki kualitas passing di atas rata-rata menjadi pemanja untuk striker haus gol tersebut.

Tak heran, gol-gol Haaland banyak datang dari umpan yang diberikan oleh Marco Reus.

Namun, Haaland juga tidak begitu bertumpu pada pemain lain, ia bisa bermain dengan siapa saja. Itu dibuktikan dengan jumlah golnya di Timnas Norwegia dan Mantan klubnya, RB Salzburg.

Jadon Sancho merupakan penyumbang assist terbanyak untuk Haaland di musim lalu dengan catatan 16 assist.

Meski harus ditinggal tandemnya yang memilih hijrah ke Manchester United itu, Halland tetap mampu mencetak banyak gol untuk Brussia Dortmund.

Haaland mampu mencetak gol dengan pergerakannya sendiri, yaitu berlali dan melewati lawan, ia juga dapat mencetak gol dari luar kotak penalti memanfaatkan kualitas tendangan kaki kirinya.

Haaland tidak terlalu butuh peluang besar agar mencetak gol, karena ia mampu memanfaatkan peluang sekecil mungkin untuk dapat ia sarangkan ke gawang lawan.

Memang sudah saatnya bagi Haaland untuk pindah ke tim yang lebih besar, gelontoran golnya begitu dinanti untuk membawanya menuju puncak karir.

Entah ke Barcelona atau Real Madrid, striker berbadan tambun itu tak akan kesulitan untuk beradaptasi, pembuktiannya bermain di Jerman sudahlah cukup untuk mengatakan bahwa dirinya adalah salah satu striker terbaik di Dunia.

(SIAPGRAK.COM/Deivor)