Ketentuan Salat Bagi Bunda yang Haid Tidak Teratur dan Sering Muncul Flek/ Foto: iStock
Ketentuan Salat Bagi Bunda yang Haid Tidak Teratur dan Sering Muncul Flek/ Foto: iStock

Kewajiban menjalankan ibadah salat bagi wanita muslim akan terhenti ketika haid datang. Lalu bagaimana bila darah haid tak kunjung berhenti dan muncul flek terus-menerus ya, Bunda? Kapan kita bisa menjalankan salat wajib lagi?

Dalam Islam, kita mengenal istilah istihadhah, yakni darah yang keluar di luar waktu haid dan masa nifas. Ada pula yang disebut flek, yakni bercak darah yang muncul di awal atau akhir siklus haid.

Menurut anggota Majelis Pembinaan Kader PP Aisyiyah, Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., flek dan darah haid bisa dibedakan kok, Bunda. Caranya dengan membedakan warna dan intensitasnya.

"Bisa dibedakan dari warna darah. Jangan dianggap darah kecuali yang deras. Biasanya yang bukan darah haid itu flek, itu biasanya karena gangguan hormon, yang deras dianggap haid. Itu kalau bisa membedakan darahnya," kata Ustazah Lailatis saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Tapi, kalau misalnya darah itu terus deras dan banyak selama sebulan, maka cara membedakannya adalah dengan melihat kebiasaan akhir siklus haid. Misalnya, sebelum pakai KB IUD, berapa lama Bunda haid? atau sekitar tanggal berapa? Bunda sebaiknya membuat jadwal bulanan siklus haid untuk mengetahui kebiasaan ini.

"Kalau selama sebulan darahnya flek atau darah banyak, maka dihitung. Misalnya, dulunya haid selama 10 sampai 11 hari. Kalau mazhab paling banyak selama 15 hari. Sesuai jatah itu seperti kebiasaan haid, seminggu dipilih sebagai hari haid, lalu seminggu kemudian bersuci satu kali saja," ujar Ustazah Lailatis.

"Nanti yang lain dianggap istihadhah, tetap salat dan puasa, cuma cara salatnya saja yang beda," sambungnya.

Bunda yang mengalami haid berkepanjangan bisa tetap salat setelah bersuci di akhir waktu kebiasaan haid. Salat dapat dilakukan secara jamak dengan membersihkan diri sebelumnya.

Bagaimana ketentuannya? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga qadha puasa bagi wanita yang haid, dalam video berikut: