Pemain Spanyol, Pedri (kanan) memperpanjang kontrak dengan Barcelona hingga 2026.

KEINGINAN Barcelona mengikat bintang muda mereka, Pedri untuk waktu yang lama akhirnya menjadi kenyataan. Klub La Liga itu menyatakan telah memperpanjang kontrak pemain berusia 18 tahun itu hingga 2026 mendatang.

Yang menghebohkan, Barcelona memagari Pedri dari incaran klub-klub kaya, dengan mematok harga selangit. Dalam perpanjangan kontrak tersebut, Barcelona memasukkan klausul pelepasan sang pemain dengan harga 1 miliar euro alias sekitar Rp16,3 triliun!

"FC Barcelona dan sang pemain, Pedro Gonzalez 'Pedri', telah menyepakati perpanjangan kontrak hingga 30 Juni 2026. Klausul pelepasannya adalah 1 miliar euro," jelas pernyataan Barcelona.

"Kontrak baru ini mengikat pemain asal Kepulauan Canaria sepanjang musim ini dan empat tahun ke depan," tambah Barcelona.

Nilai klausul pelepasan Pedri yang setinggi langit ditetapkan Barcelona bukan tanpa alasan. Hal itu dilakukan untuk mencegah klub-klub sultan, julukan bagi klub sepak bola di Eropa yang dimiliki perusahaan dari negara Timur Tengah, mencaplok sang pemain. Dengan harga selangit, diyakini klub-klub kaya seperti Paris Saint Germain ataupun Manchester City yang dimiliki pengusaha Timur Tengah, akan berpikir dua kali untuk memboyong Pedri.

Blaugrana mendapatkan Pedri dari Las Palmas pada musim panas 2020 dengan biaya 5 juta euro. Pemain belia itu langsung bersinar di Camp Nou dan telah mengemas 52 penampilan di musim debutnya. Ia mencetak 4 gol dan diundang timnas Spanyol Maret lalu.

Pedri lalu dipanggil masuk skuad Euro 2020 asuhan Luis Enrique dan meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik. Ia juga membantu negaranya mendapatkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. (Goal/OL-15)