Haji Sondani sang juragan tanah yang menjadi viral karena menikahi gadis 19 tahun
Haji Sondani sang juragan tanah yang menjadi viral karena menikahi gadis 19 tahun

Cirebon, Jawa Barat - Sosok Haji Sondani menjadi viral setelah menikah gadis berusia 19 tahun, Fia Barlanti. Namun ternyata, sebelum Sondani mempersunting pujaan hatinya itu, dia sudah lebih dulu terkenal di kalangan warga Desa Arjawinangun, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Haji Sondani menjadi terkenal bukan hanya karena baru menikahi gadis belia Fia Barlanti, dia juga tenar karena kedermawanannya.

Sebelum pandemi Covid-19, Sondani telah meng-umrohkan 27 warga. Bahkan Senin (30/5/2022) nanti, pria berusia 63 tahun ini juga akan memberangkatkan haji 6 orang.

Haji Sondani juga mengaku, sebelum pernikahannya yang membuah heboh jagat maya, dia juga sempat membangun dua masjid dan sekolah madrasah di Desa Arjawinangun.

"Saya membangun dua masjid dan dua sekolah madrasah di desa saya dengan biaya Rp 400 juta," ujarnya Sabtu (21/05/22).

Pernikahan Haji Sondani dan Fia Barlanti viral di dunia maya setelah resepsi pernikahan mereka diunggah oleh salah seorang pengunjung sehingga viral di media sosial.

Pernikahan pasangan yang terpaut perbedaan umur 55 tahun itu dilakukan pada Rabu (18/5/2022) lalu.

Haji Sondani dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan bahwa ia pertama kali bertemu dengan Fia Barlanti, pada saat melakukan ziarah di Pulau Panjang yang ada di wilayah Jepara. Di sanalah ia berkenalan dan melakukan pendekatan dengan Fia hingga akhirnya dinikahi.

"Bertemu dengan Fia itu sebelum puasa kemarin, saat berziarah di Pulau Panjang. Saat itu ia sedang duduk sendirian, kemudian saya dekati dan menanyakan status sudah punya pacar apa belum," kata Haji Sondani saat ditemui di pendopo Maqbaroh Tegalgubug, Jumat (20/5/2022)

Namun rupanya, pendekatan itu terus berlangsung selama satu bulan. Hingga akhirnya, setelah Idul Fitri kemarin, pria juragan tanah di Kecamatan Arjawinangun itu, mengungkapkan perasaannya dan ingin menikahinya.

"Setelah lebaran Idul Fitri kemarin, saya datang ke rumahnya dan bertemu orang tuanya. Di sana saya meminta restu untuk menikahinya, dan akhirnya pada 18 Mei kemarin kami sah menikah," kata Haji Sondani. (esn/act)